Edukasi Bahaya Narkoba oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP pada Peserta TPQ dalam Rangka Tindakan Preventif terhadap Penyebaran dan Penyalahgunaan Narkoba

5

Desa Dagen, Kab. Karanganyar (22/07/2022) – Narkoba dalam peraturan perundang-undangan Indonesia diatur dalam UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mengacu pada Pasal 1 ayat (1), bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Dalam undang-undang ini juga diatur mengenai pengelompokan dan/atau golongan-golongan dari narkotika itu sendiri berdasarkan kegunaannya.

Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) per 2021, sebanyak 27% pengguna narkoba di Indonesia adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Hal ini tentu dapat mengganggu keberlanjutan produktivitas negara karena jumlah pemakai 27% itu sedang berada pada usia produktif. Kemudahan dalam mendapat ‘barang haram’ tersebut ditengarai menjadi penyebab meningkatnya jumlah pengguna narkoba. Selain itu, beberapa faktor yang juga dapat memicu seseorang menggunakan narkoba ialah faktor kepribadian, faktor keluarga, dan faktor lingkungan. Dengan demikian, langkah pencegahan yang dapat dianggap efektif ialah dimulai dari basis yang paling dini, yaitu pada anak-anak yang belum mencapai usia produktif.

6

Sebagai bentuk tindakan preventif terhadap penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melalui salah satu program kerja KKN melakukan edukasi kepada para peserta TPQ Masjid At – Taqwa yang berlokasi di desa Dagen, Karanganyar. Pada kegiatan pengedukasian kepada peserta TPQ Masjid At – Taqwa mengenai narkoba ini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan video dan menjelaskan beberapa hal mengenai bahayanya narkoba dan efek jera kepada orang – orang yang menggunakan narkoba kepada anak – anak masjid At – Taqwa. Selain itu pemberian edukasi mengenai pencegahan narkoba merupakan pengaplikasian SDGS poin ke 4 yaitu mengenai kualitas edukasi yang dimana mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro memberikan berbagai pengetahuan mengenai bahaya dan efek jera dari penggunaan narkoba dan juga sebagai pencegahan secara dini bagi peserta – peserta TPQ di Masjid At – Taqwa.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu cukup kondusif dan interaktif, terlihat dari para peserta TPQ yang fokus mengikuti dan memperhatikan video mengenai dampak dan akibat bahaya narkoba. Selain itu, para mahasiswa KKN memberikan penjelasan – penjelasan yang ada pada video mengenai dampak dan akibat bahaya narkoba tersebut. Pemberian edukasi tersebut berjalan selama 1 (satu) jam di mulai dari pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Pada sesi terakhir dilakukan pembagian bingkisan makanan kepada para anak – anak TPQ dengan harapan semakin semangat untuk terus belar di TPQ Masjid At-Taqwa.

Penulis : KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Dagen
Dosen Pembimbing : Dr. Teguh Suprihatin,S.Si., M.Si.
Lokasi KKN : Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah