Siap Bangkit dari Pandemi, Mahasiswi Undip Adakan Festival Pasar Rakyat 2022 dan Program Penghijauan Desa Tanjunganom

photo-2022-08-11-13-57-58

Desa Tanjunganom,Gabus,Pati (11/08/2022)- Dua tahun terakhir Covid-19 telah memporak-porandakan Indonesia diberbagai sektor, baik kehidupan, ekonomi,pendidikan, sosial, budaya dan lain-lain. Maka, dengan adanya hal tersebut membuat salah satu Mahasiswi KKN TIM II UNDIP, Raditya Vicky Gavina Putri Prodi Informasi dan Humas Sekolah Vokasi melakukan gebrakan baru untuk keluar dari keterpurukan pandemi dengan menyelenggarakan dan turut ambil andil dalam Festival Pasar Rakyat 2022 yang dilaksanakan pada 20-24 Juli 2022 di Tabelan, Tugu Peluru, Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Tak hanya menjadi event organizer, dalam event ini peran pembawa acara atau master of ceremony juga dibutuhkan. Saat pembukaan acara ada beberapa sambutan dari beberapa pihak seperti sponsor, media partner dan lain-lain. Festival Pasar Rakyat 2022 memiliki berbagai macam kegiatan seperti bazar UMKM, lomba mewarnai, lomba menyanyi, edukasi, lomba kopdar bonsai dan lain-lain. Selama lima hari pelaksanaan event Festival Pasar Rakyat 2022 antusias masyarakat sangat luar biasa bahkan hingga melebihi ekspektasi awal. Banyak masyarakat dari luar Desa Tanjunganom yang turut berpartisipati dalam event ini, sehingga secara tidak langsung meningkatkan perekonomian,image, dan citra Desa Tanjunganom.

photo-2022-08-05-01-18-24

Program ini merupakan pelaksanaan event yang menjadi salah satu ilmu dalam kehumasan. Dalam Festival Pasar Rakyat 2022 mencangkup beberapa point SDG’s didalamnya seperti nomor nomor 4 Pendidikan berkualitas, nomor 8 pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dan nomor 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Sehingga event ini dinilai sangat cocok sebagai gebrakan untuk keluar dari keterpurukan pandemi.
Respon dari beberapa masyarakat dinilai positif dan dapat mengembangkan potensi-potensi yang terdapat di Desa Tanjunganom baik SDA atau SDM. Dengan adanya Festival Pasar Rakyat 2022, besar harapan dapat dijadikan event tahunan yang mana setiap tahunnya dapat berkembang dan meramaikan Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

Ilustrasi-Kartun-Merah-Poster-Festival-Budaya-Nusantara-1

Kepedulian terhadap lingkungan juga membuat salah satu Mahasiswi KKN TIM II UNDIP, Raditya Vicky Gavina Putri Prodi Informasi dan Humas Sekolah Vokasi ini tergerak untuk melakukan penghijauan di Desa Tanjunganom pada Minggu, 31 Juli 2022 yang mana menjadi salah satu point SDG’s nomor 15 ekosistem darat. Dalam pelaksanaanya membutuhkan beberapa bibit tanaman seperti cabai, tomat, dan terong, media tanam, polybag dan lain-lain.
Antusias warga Dusun Tanjung, Desa Tanjunganom sangat terlihat ketika mereka turut membantu untuk mengubah taman atau ruang kosong menjadi tempat yang hijau dan asri. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama, sehingga secara tidak langsung terjadi interaksi antar warga dengan baik dan dapat meningkatkan kerukunan antar warga Dusun Tanjung, Desa Tanjunganom.

Hijau-Simpel-Organis-Penghijauan-Bersama-Anak-Kolase-Foto

Selain itu, karena Desa Tanjunganom memiliki KWT (Kelompok Wanita Tani) Sekar Tanjung yang sangat aktif maka hal ini menjadi point plus agar mereka memiliki bibit tambahan untuk keperluan pameran seperti di Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati, atau event lainnya dan dapat diperjual belikan, sehingga keuntungan nanti akan masuk ke uang kas. Disisi lain, dengan adanya program ini dapat menjadikan contoh bagi warga desa sekitar dan dari hasil panen yang diperoleh nantinya akan dimanfaatkan dengan baik atau dapat dijadikan lahan penghasilan tambahan warga Desa Tanjunganom.

Penulis :Raditya Vicky Gavina Putri
Prodi :Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi
DPL KKN :Ocid Mursid S.T.,M.T
Lokasi KKN : Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
KKN TIM II UNDIP 2022