Edukasi Strategi Marketing bagi Masyarakat Desa Kesiman Kertalangu

Kesiman Kertalangu (11/08/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi mengenai Edukasi Strategi Marketing Menggunakan Analisa Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) bagi Masyarakat Desa Kesiman Kertalangu di Kantor Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Minggu (24/07/2022). Program yang diusung oleh Ketut Utari Mustika Putri mengajak ibu-ibu PKK Desa Kesiman Kertalangu untuk mengenal analisa segmenting, targeting, dan positioning (STP). Sosialisasi yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang ibu-ibu PKK, diisi dengan pemaparan materi mengenai analisa STP.
Analisa STP adalah suatu strategi pemasaran untuk menentukan target pelanggan yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Analisis ini bertujuan agar perusahaan atau pemilik usaha dapat mengambil langkah tepat untuk menentukan segmen mana yang akan dijadikan pasar potensial dalam menjual produknya. Analisa ini terdiri dari 3 tahapan yaitu Segmenting, Targeting, dan Positioning. Segmenting adalah pembagian atau pengelompokan kondisi pasar yang heterogen menjadi homogen yakni memiliki kesamaan kebutuhan dan karakteristik. Segmenting ini mencakup segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku. Targeting adalah proses mengevaluasi dan memilih target pasar yang dinilai paling sesuai. Proses ini dilakukan berdasarkan segmenting yang telah dilakukan sebelumnya. Positioning adalah proses mendesain penawaran perusahaan sehingga mampu membentuk loyalitas tersendiri bagi pelanggan dibandingkan dengan pesaing. Untuk tahap berikut, digunakan konsep marketing mix yang terdiri dari product, price, promotion, dan place.

S-15646724

Melalui program ini, ibu-ibu PKK Desa Kesiman Kertalangu memberikan respon yang sangat baik dan antusias. Harapan dari telah terlaksananya program edukasi strategi marketing adalah masyarakat dapat menerapkan ilmu yang diberikan pada usaha yang dimiliki atau bahkan ketika ingin membangun sebuah usaha.
Penulis : Ketut Utari Mustika Putri | Teknik Industri 2019
Dosen Pembimbing Lapangan : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.