“Memanfaatkan Potensi Wilayah yang Melimpah: Mahasiswa KKN UNDIP Sulap Eceng Gondok Menjadi Handsanitizer”

kkkk

Semarang (7/08/2022) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO yang berada di Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah berinisiatif membuat handsanitizer dari eceng gondok dalam upaya pengoptimalan potensi yang melimpah dari eceng gondok yang tumbuh liar di rawa wilayah RW 10 Kelurahan Bangetayu Kulon. Potensi yang melimpah tersebut tidak dimanfaatkan oleh warga secara optimal sehingga mendorong salah satu mahasiswa KKN yakni Kamilia Hijriani Zain untuk membuat handsanitizer berbahan alami eceng gondok. Eceng gondok diketahui memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder yaitu alkaloid, fenol, flavonoid, tannin dan
steroid yang memiliki aktivitas antibakteri.

Disamping itu, tujuan dari kegiatan ini tersebut sebagai bentuk dukungan
dari Mahasiswa KKN TIM II UNDIP untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan pelatihan pembuatan handsanitizer dan pembagian handsanitizer kepada masyarakat. Produk handsanitizer menjadi salah satu produk yang banyak dipakai oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan, dimana tangan merupakan media utama dalam penularan virus, kuman dan bakteri. Kegiatan ini juga dapat menggerakan dan memotivasi masyarakat lebih peduli dengan kebersihan dan Kesehatan di tengah kondisi pandemic seperti saat ini.

handsanitizer

Kegiatan ini dilaksanakan di balai pertemuan RW 10 Kelurahan Bangetayu Kulon yang diikuti oleh warga setempat dengan menerapkan protocol Kesehatan. Kegiatan diawali dengan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya kebersihan tangan, setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan dan pembagian poster handsanitizer dari eceng gondok.
Pembuatan handsanitizer ini sangat mudah dimana daun eceng gondok dijemur terlebih dahulu, kemudian di ekstraksi menggunakan etanol sepanjang malam. Keesokanya esktrak dicampurkan dengan bahan-bahan lain dan dikemas dalam botol berukuran 1 liter. Dari 10 gram ekstrak bubuk eceng gondok dihasilkan 2 liter handsanitizer dan kemudian di bagikan kepada warga.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-12-29-13-AM

Kegiatan ini mendapat dukungan dan respon positif dari warga, dengan adanya kegiatan ini seperti ini warga mendapatkan ilmu dalam pembuatan handsanitizer yang memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

Penulis: Kamilia Hijriani Zain (Fakultas Sains dan Matematika – Kimia 2019)
DPL: Dyah Wijaningsih., S.H.,M.H
Lokasi : RW 10 Kelurahan Bangetayu Kulon