Cemerlang! Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2022 Dorong Transformasi Digital Pembayaran UMKM di Kelurahan Krobokan

RW-13-01

Selasa (26/07/2022), Dimas Putra Harwansya, salah satu mahasiswa KKN Tim II Tahun 2021/2022 Universitas Diponegoro dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) melaksanakan KKN di Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah melakukan edukasi pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan QRIS untuk menunjang fasilitas pembayaran digital UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Juli 2022 secara door-to-door kepada pemilik UMKM di RW 13 Kelurahan Krobokan.

QRIS sendiri, dilansir dari situs web resmi Bank Indonesia, merupakan standarisasi pembayaran kode QR dari Bank Indonesia yang menyatukan QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama industri sistem pembayaran dengan tujuan untuk mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan keamanan dalam bertransaksi dengan QR Code.

Poster-QRIS-01-01
tempat upload file

Penjelasan mengenai QRIS dilakukan secara lisan dan dengan memberikan leaflet edukatif sehingga para pemilik UMKM dapat menyerap informasi yang ada dengan baik. Pada kesempatan ini, diulas beberapa substansi seperti definisi, manfaat penggunaan, jenis pembayaran, langkah pembuatan, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk membuat QRIS.

Selain itu, Poster mengenai QRIS juga ditempel di mading Kantor Kelurahan Krobokan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat yang melakukan kunjungan ke kantor kelurahan dapat membacanya.

Pelaksanaan kegiatan Program Kerja II KKN ini diharapkan dapat membantu pemilik UMKM dalam membuat QRIS usahanya secara mandiri dan melakukan transaksi QRIS sehari-harinya tanpa hambatan yang berarti sehingga mampu meningkatkan performa usahanya secara keseluruhan selama masa pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Penulis: Dimas Putra Harwansya – 12010119130089 – Manajemen (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL: Laura Andri Retno Martini, S.S., M.A.
Lokasi: Wilayah RW 13 dan Kantor Kelurahan Krobokan, Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *