Pemanfaatan Limbah Dapur Menjadi Eco-Enzym Yang Kaya Manfaat, Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi Cara Membuat Eco-Enzym Dari Sisa Sayur dan Buah-buahan

Purwosari, Kota Semarang (02/08/22)- Limbah dapur seperti sisa sayuran dan buah-buahan kerap menjadi masalah umum sampah rumah tangga. Limbah rumah tangga seperti sisa sayuran dan buah-buahan dapat dimanfaatkan kembali menjadi banyak hal seperti ditimbun dalam tanah, pembuatan pupuk, serta pembuatan eco-enzym. Eco-enzym merupakan hasil fermentasi sisa limbah organik yaitu sisa-sisa sayuran dan buah, gula merah/cokelat dan air. Eco Enzyme memiliki banyak manfaat dan aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan.

ekoenzim-2

Kesadaran warga RW.01 kelurahan Purwosari akan kebersihan cukup baik dikarenakan tidak banyaknya limbah rumah tangga ditemukan di sekitar kelurahan serta adanya kerja bakti rutin yang diselenggarakan oleh masyarakat. Limbah dapur merupakan bagian dari Limbah rumah tangga yang selalu akan ada setiap harinya. Melalui hal tersebut Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022, Joshua Ferison dari Program Studi S1-Agribisnis dibawah bimbingan Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum memberikan edukasi dan pelatihan cara memanfaatkan sisa-sisa sayuran dan buah-buahan menjadi eco-enzym kepada karang taruna. Pemanfaatan limbah dapur menjadi eco-enzym ini akan mengurangi limbah rumah tangga yang terbuang sehingga lingkungan lebih terjaga. Edukasi pembuatan ezo-enzym dari sisa sayuran dan buah-buahan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2022 di balai kelurahan mengundang remaja karang taruna. Respon yang didapat melalui pelatihan pembuatan eco-enzym ini mendapat respon yang baik dan menarik minat remaja karang taruna untuk mulai mencoba membuat eco-enzym melalui pelatihan dan respon pertanyaan yang diberikan.

ekoenzim

Edukasi ini juga diikuti dengan pemberikan booklet dan panduan dalam membuat eco-enzym dan cara penggunaan eco-enzym yang telah selesai di fermentasi. Dengan penyampaian edukasi ini, diharapkan eco-enzym dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan lebih menjaga lingkungan dari limbah rumah tangga.

Penulis : Joshua Ferison
Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum
Lokasi : RW.01, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.