Ayo Mengenal Bahasa Inggris Sejak Dini! Bermain dan Belajar Mengenai Anggota Tubuh dengan Pos PAUD Ceria Nanda

rissa-2
Foto bersama mentor dan anak-anak Pos PAUD Ceria Nanda

Bendan Ngisor (29/07/2022) – Bahasa Inggris sudah menjadi suatu aset yang penting sebagai bekal bagi anak dalam memasuki dunia pendidikan yang semakin maju seiringan dengan globalisasi. Kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional pun sudah bisa dipupuk kepada anak mulai dari usia dini agar kelak anak dapat memetik efek positifnya. Bahasa Inggris dapat dipelajari oleh anak dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun sosial. Walaupun akses untuk mendapatkan informasi serta ilmu mengenai Bahasa Inggris sekarang terbilang mudah, namun banyak keluarga yang merasa tidak cukup cakap untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anaknya dan hanya bergantung kepada pelajaran di sekolah. Sementara kemampuan berbahasa asing lebih baik diajarkan sedini mungkin pada masa golden age (0 – 5 tahun) dimana pertumbuhan serta perkembangan kognitif anak berlangsung dengan pesat.

Sebagai bentuk dukungan agar anak-anak dapat mengenal Bahasa Inggris dasar sejak dini, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 pun melaksanakan program mono disiplin yaitu “Pengenalan Bahasa Inggris Dasar bagi anak PAUD”. Program kerja ini dilaksanakan oleh Arissa Cavrina dari jurusan S1 Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya. Pelaksanaan proker dilakukan di Pos PAUD Ceria Nanda yang berlokasi di RW 2 Kelurahan Bendan Ngisor. Fokus dalam pelaksanaan proker ini adalah pengenalan anggota tubuh dalam Bahasa Inggris yang menyesuaikan dengan tema bulanan mata pelajaran Pos PAUD Ceria Nanda.

rissa-1
Bermain tempel gambar anggota tubuh

Dalam pelaksanaan program, digunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat oleh anak-anak. Metode tersebut meliputi menyanyikan lagu mengenai anggota tubuh dalam Bahasa Inggris serta bermain permainan menempel gambar bagian anggota tubuh. Pelaksanaan program didukung penuh oleh para mentor PAUD dan orang tua murid Pos PAUD Ceria Nanda. Diharapkan melalui metode bernyanyi dan kegiatan menempel gambar, pengenalan anggota tubuh ini menjadi momen pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan bagi anak-anak PAUD.

Penulis : Arissa Cavrina J.H.
Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi.,M.A