“Bangun Desa Bersama UMKM” Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Sosialisasi Kepada UMKM Desa Kertasinduyasa

Whats-App-Image-2022-08-11-at-10-22-16

Brebes—Mahasiswa KKN UNDIP memberikan sosialisasi mengenai peran UMKM untuk pembangunan Desa yang semakin maju dengan tema “Bangun Desa Bersama UMKM” karena sebagian besar penduduk Desa Kertasinduyasa mata pencaharian sebagai pedagang, pelaku usaha, atau pelaku UMKM (10/08/2022).
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada masyarakat. UMKM mampu berperan dalam proses pemerataan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional
Rania menjelaskan peran UMKM sendiri sebagai penyangga perekonomian di Indonesia. Jumlah pengusaha di Indonesia sebanyak 3,4% dari jumlah penduduk di Indonesia. UMKM berperan untuk meningkatkan produk domestik bruto dan penyumbang devisa
UMKM sediri dalam Meningkatkan Keuntungan bisa dengan berbagai cara dari mulai meningkatkan efisiensi atau penghematan bahan baku serta pekerja, meningkatkan produktifitas seperti penggunaan mesin, meningkatkan nilai tambah dan meningkatkan penjualan dengan promosi
Mewujudkan Kualitas Produk yang baik dikonsumsi dengan menerapkan beberapa hal dari mulai kualitas mutu bahan baku, Kebersihan dan Higienitas produk dengan menerapkan 8 Kunci SSOP serta desain produk (Ukuran, Warna, Rasa, Tekstur, Kemasan, Bentuk.
Untuk meningkatkan penjualan produk pastinya dapat dilihat dari kualitas kemasan produk. Kemasan produk yang menarik akan meningkatkan daya jual yang lebih tinggi. Fungsi dari kemasan sendiri untuk melindungi produk, memudahan pendistribusian, enak dipandang (eye-catching), sebagai pemberi informasi mengenai produk, dan memberi citra yang baik. Didalam suatu kemasan tentunya terdapat merk dan nama produk yang diproteksi secara hukum, dengan demikian tidak terjadi duplikasi merk dengan produk lain di pasaran. Selain itu pemberian merk juga memudahkan para pembeli untuk diingat, disebut dan menarik perhatian.
Semakin gencarnya era digital saat ini memudahkan kita dalam berbagai macam hal salah satunya penjualan. Dengan memanfaat media sosial seperti Instgram facebook dll sebagai media promosi, lebih memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya selain itu dengan menggunakan platform e-commerce para pelaku usaha /UMKM dapat memasarkan produknya di situs tersebut. Namun kurangnya pemahaman digital technology masyarakat Desa Kertasinduyasa khusunya para pelaku UMKM sehingga mereka masih memasarkan produknya hanya di pasar tradisional sekitar Desa tersebut. Oleh karena itu mahasiswa berharap setelah ada sosialisasi ini para UMKM Desa Kertasinduyasa makin melek akan teknolgi dan dapat memanfaatkan digital marketing. (RSS)

Whats-App-Image-2022-08-11-at-10-22-13

Penulis : Rania Salindita Salsabila TIM II KKN UNDIP, Kecamatan Jatibarang, Kab. Brebes.
Editor : Drs. Dul Muid, M. Si, Akt.
Lokasi : Balaidesa Kertasinduyasa, Kec. Jatibarang, Kab. Brebes