Global Warning!Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan Bangunan Ramah Lingkungan (Green Building) ke Warga Kelurahan Krapyak sebagai bentuk pencegahan pemanasan global

image

Semarang (11/08) – KKN Tim II Undip yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022 kali ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)” Salah satu program yang diangkat adalah Edukasi Bangunan Ramah Lingkungan (Green Building). Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan sustainable cities and communities.

Green Building atau Bangunan Ramah Lingkungan adalah bangunan yang secara life cycle-nya di mulai sejak tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, renovasi, hingga pembongkarannya memperhatikan dampak negatif dan menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan alam. Dampak positif ini akan didapat alam dengan melindungi, menghemat, mengurangi penggunaan sumber daya alam, menjaga mutu dari kualitas udara di dalam ruangan, mempertimbangkan lingkungan dalam proses pembangunan, menggunakan bahan yang tidak beracun dan memperhatikan kesehatan penghuninya yang semua berpegang pada kaidah bersinambungan. Bangunan hijau merupakan alat untuk meningkatkan efisiensi sumber daya bangunan berupa energi, air dan bahan sekaligus mengurangi dampak bangunan pada kesehatan manusia dan lingkungan.

image-2022-08-11-154133123

Dengan adanya Edukasi Green Building pada masyarakat Kelurahan Krapyak diharapkan terciptanya bumi yang terjaga dan tidak terbuangnya sumber daya. Dengan begini, tidak ada material yang terbuang sia-sia dan apabila material tidak terbuang sia-sia maka bumi menjadi tidak tereksploitasi.

Penulis : Daneshtio Agung U.K.L

Dosen Pembimbing: Laura Andri Retno Martini, S.S., M.A

Lokasi : Kelurahan Krapyak, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

#kknundip2022 #kkntimiiperiode2022 #lppmundip #p2kknundip #undip #kknkrapyaksemarang