LIMBAH DAPUR RUMAH TANGGA TAK BERNILAI DIUBAH MAHASISWA KKN TIM II UNDIP MENJADI POC BERSAMA IBU – IBU KELOMPOK TOGA DI KELURAHAN GENUKSARI

Semarang (7/8/2022) – Segala aktivitas masyarakat selalu menimbulkan sampah. Sampah dihasilkan dari sisa kegiatan yang dilakukan oleh manusia, yang tidak disenangi, yang tidak berguna, tidak dipakai dan sampah tersebut dibuang percuma. Dalam hal penanganan sampah masih menjadi persoalaan yang besar, jika penanggulan sampah tidak ditangani dengan baik maka akan berimbas kepada keindahan lingkungan, dan mutu kehidupan.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-14-15-32

Foto bersama dengan Ibu – Ibu taman toga tunas harapan

Pengelolaan limbah dapur dilakukan dengan cara pengomposan untuk dijadikan pupuk organik. Pengomposan mengandung bahan organik biodegradable (dapat diuraikan mikroorganisme), dengan mengelola limbah padat dapat memperbaiki struktur tanah, memperbesar kemampuan tanah dalam menyerap air dan menahan air serta zat-zat hara lainnya. Proses pengomposan memerlukan waktu lama, yaitu sekitar 2 minggu tergantung percepatan pembusukan yang terjadi. Dengan melakukan pengomposan terhadap limbah dapur maka dapat mengurangi penumpukan sampah yang ada dilingkungan.

Sosialiasi ini di lakukan pada RW 05, Keluraha Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, dikarenakan pada lokasi tersebut terdapat kelompok taman toga Tunas Harapan,sehingga diharapkan dengan adanya sosialiasi ini para ibu ibu anggota taman toga semakin paham dan semangat dalam melakukan kegiatannya.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-14-15-35

Prototipe alat pembuat POC

Pupuk organik cair adalah larutan dari hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, limbah agroindustri, kotoran hewan, dan kotoran manusia yang memiliki kandungan lebih dari satu unsur hara. Cara membuat pupuk organik cair yaitu :
1. Siapkan bahan baku pembuatan POC, yakni sampah-sampah organik. Anda bisa mendapatkannya dari limbah rumah tangga.
2. Kemudian cincang semua sampah hijau seperti sisa sayuran, sayuran basi, dan sebagainya.
3. Siapkan tong plastik atau tong bekas wadah cat tembok ukuran 25 kilogram (kg), lengkap dengan tutupnya. Siapkan pula kantong plastik dan beri beberapa lubang sebesar 1 cm. Lubang ini untuk memperlancar sirkulasi air dalam tong.
4. Siapkan yang sudah dilarutkan untuk mengaktifkan EM4.
POC kemudian didiamkan selama kurang lebih 2 minggu didalam komposter yang kedap udara hingga proses fermentasi bereaksi secara sempurna dan menghasilkan POC yang siap digunakan.

Oleh: Taqiuddin Rizqi Anggoro/Agribisnis
DPL: Bagus Rahmanda, S.H., M.H.