Rokok Merusak Gigi dan Mulutmu!! Berikut Upaya Mahasiswi KKN Undip Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Akan Bahayanya Rokok

Kelurahan Srondol Wetan, Kota Semarang (25/07/2022) – Laksita Arini Pratista, Seorang Mahasiswi Universitas Diponegoro Jurusan Kedokteran Gigi, melakukan suatu kegiatan berupa pembuatan serta pemasangan poster mengenai dampak rokok bagi kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

Whats-App-Image-2022-08-02-at-20-32-20-1Pemasangan Poster di Lingkungan Kantor Kelurahan Srondol Wetan

Rokok merupakan salah satu ancaman besar bagi kesehatan masyarakat di dunia. Banyak penduduk di dunia meninggal akibat merokok. Mengkonsumsi rokok pada tahap awal tidak dirasakan efeknya, namun lama kelamaan akan muncul berbagai penyakit dalam tubuh perokok. Rokok mengandung mengandung zat adiktif yang sangat berbahaya. Zat adiktif dapat meningkatkan adiksi atau kecanduan, menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung, pembulu darah, penyakit paru obstruktif kronik, dan dapat timbulnya penyakit di rongga mulut.

Rongga mulut adalah bagian utama yang sangat mudah terpapar efek rokok karena tempat penyerapan zat hasil pembakaran rokok. Komponen gas asap rokok terdiri dari tiga macam bahan kimia paling berbahaya yaitu Tar, nikotin dan karbonmonoksida. Tar adalah komponen padat pada asap rokok yang dapat membentuk endapan bewarna coklat di permukaan gigi, Nikotin berperan dalam menghambat perlekatan dan pertumbuhan sel fibroblast ligament periodontal sehingga dapat terjadi kehilangan gigi, serta gas karbon monoksida yang dapat menimbulkan iritasi dan kanker pada mulut. Selain itu penggunaan rokok dapat meningkatkan karies karena dapat terjadi penurunan saliva yang berperan dalam melindungi gigi.

poster-dilarang-merokok

Dengan adanya permasalahan ini maka mahasiswi KKN TIM II UNDIP Tahun 2021/2022 melakukan pembuatan dan penempelan poster yang berisikan mengenai zat atau kandungan yang berada di dalam rokok sehingga dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut, dampak zat tersebut bagi gigi dan mulut, dan bagaimana pencegahannya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-09-12-19-1Whats-App-Image-2022-08-11-at-09-12-19Pemasangan Poster di Balai Posyandu dan PAUD Al Husna RW.07 Srondol Wetan

Sebelum pemasangan poster dilakukan serah terima kepada beberapa pihak sebagai bentuk perizinan untuk pemasangan di tempat tersebut. Pemasangan poster dilakukan pada fasilitas umum di RW.07 di Keluarahan Srondol Wetan yaitu balai posyandu, PAUD Anggrek Al-Husna, serta kantor kelurahan Srondol wetan. Dalam kegiatan ini saya harap masyarakat dapat sadar akan bahayanya rokok bagi tubuh terutama pada gigi dan mulut dan dapat menghilangkan atau mengurangi kebiasaan untuk merokok.