NASI PUTIH SUDAH BIASA, MAHASISWA UNDIP KREASIKAN NASI BIRU DARI BUNGA TELANG!

photo1658581543-3

Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (23/07/2022) – Modifikasi pangan adalah salah satu kegiatan yang sedang marak dilakukan. Modifikasi pangan merupakan kegiatan merubah bentuk dan rasa suatu makanan menjadi lebih baik serta menarik dari aslinya. Salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi bahan pangan adalah bunga telang atau kembang telang. Bunganya yang berwarna biru terang atau ungu serta khasiat yang beragam menjadikan bunga telang sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan dan juga obat tradisional juga modern.

Di RW 05 Grogol Selatan, bunga telang menjadi salah satu potensi yang dikembangkan oleh warga setempat. Saat ini, warga RW 05 juga telah melakukan modifikasi pangan dengan memanfaatkan bunga telang dan mengolahnya menjadi suatu produk minuman yang telah dipasarkan kepada masyarakat luas.

Melihat besarnya potensi yang ada, mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Bunga Telang dalam Membantu Perekonomian RW 05 Kelurahan Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP 2021/2022 pada tanggal 23 Juli 2022. Sosialisasi ini dilakukan oleh empat orang mahasiswa yang berasal dari program studi teknologi pangan (2 orang), psikologi (1 orang), dan ilmu hukum (1 orang). Pemaparan materi dilakukan menggunakan presentasi power point yang meliputi bahasan dari disiplin ilmu masing-masing mahasiswa, yaitu:
1. Pengertian dan manfaat dari mengonsumi olahan bunga telang
2. Cara memperoleh ekstrak bunga telang dan pengolahan nasi biru bunga telang
3. Cara memasarkan produk dan menjaga loyalitas konsumen
4. Izin sertifikasi halal produk bunga telang

Keterlambatan waktu memulai sosialisasi tidak mengurangi semangat masyarakat dalam menyimak materi yang disampaikan, terlihat dari antusiasme masyarakat dalam memberikan pertanyaan ketika sesi tanya jawab dibuka. “Saya mau bertanya sedikit saja, mungkin boleh dijelaskan lagi mengenai komposisi beserta manfaat dan khasiat yang didapat jika mengonsumsi olahan bunga telang, karena di RW 05 ini kan memang sudah memanfaatkan bunga telang menjadi minuman sehat, kalau kita tahu manfaatnya kan jadi tambah semangat mengolahnya,” tanya Pak Iwan, salah satu warga RT 07 RW 05 Grogol Selatan. Pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh mahasiswa dan membuat masyarakat setempat semakin paham.

telang

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pembagian nasi biru bunga telang oleh mahasiswa kepada masyarakat. Melalui program sosialisasi pemanfaatan bunga telang ini, masyarakat berharap untuk dapat lebih berinovasi dalam mengembangkan potensi bunga telang di RW 05 Grogol Selatan serta meningkatkan pengetahuan tentang manfaat dari mengonsumi bunga telang.

Penulis:
1. Alifiya Rezky (Teknologi Pangan 2019)
2. Almaidha Anna Ha’fifa (Psikologi 2019)
3. Kantiesa Ramadhania Gilkar (Teknologi Pangan 2019)
4. Sabrina Zahara Noor Rahma (Hukum 2019)
DPL : Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng.
Lokasi : Kelurahan Grogol Selatan, Jakarta Selatan
Tanggal Pelaksanaan : 23 Juli 2022