GEMARIKAN !!! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Anak SD Supaya Gemar Makan Ikan Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Kecerdasan Otak

Petompon, Semarang (13/07). Pandemi Covid-19 saat ini masih belum berakhir secara tuntas, sehingga menjadikan masyarakat harus dapat menjaga kebutuhan gizi mereka. Masyarakat disini khususnya anak-anak. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi ikan. Menurut data yang ada pada tahun 2021 tercatat angka konsumsi ikan nasional di Indonesia mencapai angka 55,37 kg/kapita, angka ini semakin tumbuh terutama dibandingkan tahun sebelumnya naik 1,48 %. Tentu harapan pemerintah kedepannya dalam mengkonsumsi ikan di kalangan masyarakat meningkat, sehingga kegiatan GMI (Gemar Makan Ikan) yang dirancang KKP (Kementerian Kelautan Perikanan) tahun 2004 akan terus dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi makan ikan di Indonesia setiap tahunnya. Maka dari itu, pentingnya mengenalkan ikan sejak dini kepada anak mulai dari lingkungan keluarga hingga pertemanan sangat penting untuk menumbuhkan rasa kecintaan mengkonsumsi ikan sejak dini guna mendukung tumbuh kembang anak agar terpenuhi gizinya selama masa pertumbuhan.

GEMAR-MAKAN-IKAN
Poster GMI (Gemar Makan Ikan)

Masih banyaknya masyarakat terutama anak-anak sampai ini masih jarang atau minim minat untuk mengkonsumsi ikan, khususnya anak kelas 5 SDN Petompon 02 Semarang. Ketika kegiatan sosialiasi saya kepada kurang lebih 50 orang anak melalui sebuah diskusi berupa wawancara, masih terdapat banyak anak yang lebih sering mengkonsumsi olahan daging seperti ayam atau sapi. Setelah ditanya mengapa jarang menkonsumsi ikan, terdapat jawaban dari perwakilan anak yang kurang menyukai ikan yakni karena olahan ikan yang disajikan di rumah hanya itu-itu saja contohnya seperti ikan goreng, selain itu baunya yang amis dan banyak terdapat duri didalamnya. Permasalahan tersebut juga merupakan salah satu alas an saya untuk mensosialisasikan GMI (Gemar Makan Ikan) dengan tema “Tingkatkan konsumsi ikan sejak dini guna meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan otak” yang ditargetkan kepada masyarakat Indonesia khususnya anak-anak.

Whats-App-Image-2022-07-13-at-10-24-20-AM
Kegiatan Sosialisasi GMI di SDN Petompon 02 Semarang

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan kepada anak SD kelas 5 setelah mereka melakukan kegiatan belajar mengajar bertempat di aula SDN Petompon 02 Semarang. Topik yang dibahas yakni adalah :
1. Definisi Ikan
Ikan merupakan salah satu hewan air yang mempunyai tulang belakang, insang, sirip dan ada yang hidup di air laut, tawar dan payau.
2.Manfaat mengkonsumsi Ikan
Dalam ikan terdapat beberapa manfaat yakni ikan memiliki gizi tinggi (protein, lemak, vitamin, mineral, yodium), meningkatkan kecerdasan otak (omega 3) dan sebagai antioksidan.
3.Olahan menarik dari ikan
Selain disajikan dengan ikan yang utuh, olahan ikan juga bisa dikemas menjadi lebih menarik lagi dimata anak-anak seperti menjadi salah satu makan yang disukai anak yaitu nugget, bakso, dan lain sebagainya agar anak lama kelamaan suka mengkonsumsi ikan.
4.Tetap konsisten mengkonsumsi ikan
Konsisten mengkonsumi ikan khususnya pada anak-anak, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan otak. Melalui dukungan keluarga khususnya ibu dapat membuat olahan ikan yang disukai oleh anak-anak dan mengajaknya secara perlahan lebih sering mengkonsumsi ikan.
5.Pintar memilih jenis ikan segar
Kebanyakan anak-anak kurang atau bahkan tidak suka mengkonsumsi ikan karena amis dan memiliki duri yang banyak. Sehingga orangtua khususnya ibu-ibu dapat lebih cermat kembali dalam penyajikan ikan diatas meja makan seperti sedikit menghindari ikan yang memiliki banyak duri dan bisa juga menghilangkan bau amis pada ikan menggunakan jeruk nipis atau lemon kepada anaknya.

Mahasiswa berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi kegiatan GMI (Gemar Makan Ikan) ini dapat memaksimalkan pengetahuan anak-anak akan pentingnya mengkonsumsi ikan serta mengetahui juga bagaimana memilih ikan yang segar, jenis olahan ikan serta dapat membedakan jenis ikan air laut dan ikan air tawar. Selain itu tingkat mengkonsumsi ikan dikalangan anak-anak dapat konsisten dan meningkat.

Penulis : Fadilatus Sya’bannisa
DPL : Dr. Eng. Agus Setyawan S. Si. M. Si.
Lokasi : Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang