Mahasiswa KKN Undip Edukasi siswa-siswi SD Negeri 02 Iser untuk pencegahan Computer Vision Syndrome akibat penggunaan gadget terlalu lama.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-10-07-05-AM

Iser (23/07/2022) – Bertambah pesatnya kemajuan teknologi smartphone di indonesia mengakibatkan mayoritas penduduk Indonesia menggunakan gadget dalam durasi yang lama baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, kesadaran mengenai kesehatan mata akibat terlalu lama menggunakan gadget masih rendah di kalangan anak-anak Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan data yang dikutip dari American Optometric Association saat ini anak-anak dapat memainkan gadget dengan durasi ± 7 jam perhari, dimana 70% anak usia Sekolah Dasar dengan mudahnya bermain gadget tanpa pengawasan penuh dari orang tua. Penggunaan gadget pada anak-anak dengan penggunaan berlebihan akan meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan mata terutama Computer Vision Syndrome.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Desa Iser Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, melakukan kegiatan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata. Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi berupa penjelasan mengenai dampak buruk penggunaan gadget dengan durasi yang lama agar terhindar dari computer vision syndrome. Edukasi ini juga menjelaskan mengenai Prevalensi kejadian Computer vision syndrome di dunia pada masa pandemi covid-19, pengertian, tanda dan gejala, faktor resiko, penyebab terjadinya CVS dan pencegahan CVS. Penjelasan tersebut diberikan agar para siswa-siswi SD dapat memahami dan mengetahui perjalanan penyakit dan dampak yang ditimbulkan. Kegiatan program ini dilakukan di SD Negeri 02 Iser Petarukan Pemalang.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-8-42-52-AM-1

Dengan dilakukannya program edukasi ini diharapkan siswa-siswi SD dapat membangkitkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya menjaga Kesehatan mata.
Penulis : Ifan Nugroho
Dosen : Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc.
Lokasi : SDN 02 Desa Iser Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang