Keampuhan si Daun Kering Penyubur Tanaman

Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang (2/8/2022). Mahasiswa KKN mengubah daun kering menjadi pupuk organik cair. Apakah dari kita banyak yang telah mengetahui bahwa serasah/daun-daun kering yang berada di pinggir jalan bisa membuat berbagai tanaman menjadi lebih subur?

Warga RW 01 Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang memiliki pohon yang sangat banyak dan juga memiliki hutan. Daun-daun kering dari pohon-pohon ini berjatuhan sehingga mengotori jalan sehingga selain membuat lingkungan menjadi tidak bersih tetapi juga dapat menghambat aktivitas kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya permasalahan ini, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP dari prodi Teknik Kimia, Prameswari Citradhitya dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Roro Isyawati P. G, S.IP, M.IP memanfaatkan momen ini untuk membuat program yaitu mengubah serasah daun kering menjadi pupuk organik cair khususnya di daerah RW 01 Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Adapun cara pembuatannya yaitu potong daun kering menjadi kecil-kecil dan masukan ke dalam ember. Kemudian campurkan 5 L air, 6 tutup botol EM4 dan 3 sdm gula yang sudah larut lalu aduk hingga tercampur rata. Masukan larutan tersebut kedalam ember yang berisi daun-daun kering dan diaduk hingga semua daun kering terkena larutan. Kemudian tutup ember dan diamkan hingga selama 2 minggu.

182255
Hijau-Poster-Acara-Pelatihan-Usaha-Poster-Flyer-2

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan mendatangi rumah warga RW 01 Kelurahan Pesantren. Mahasiswa menjelaskan pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan daun – daun kering yang berjatuhan menjadi produk pupuk organik cair. Mahasiswa juga menjelaskan cara pembuatan pupuk organik cair dengan menunjukkan poster dan video cara pembuatannya di laman Youtube mahasiswa dan memberikan produk pupuk organik cair tersebut kepada warga. selain itu, mahasiswa menjelaskan manfaat dari penggunaan pupuk untuk. Harapannya, warga 01 Kelurahan Pesantren semakin menyadari pentingnya untuk menjaga lingkungan.

182253

Penulis : Prameswari Citradhitya

Dosen Pembimbing : Roro Isyawati P. G, S.IP, M.IP