Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Berikan Ide Usaha untuk Meningkatkan Nilai Jual Lele dan Edukasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Marketplace Facebook kepada Peternak Ikan Lele Desa Beketel
Kelurahan Beketel, Kecamatan Kayen (11/08/2022) – Berawal dari potensi peternak yang terdapat di Desa Beketel, termasuk para peternak ikan lele membuat mahasiswa KKN Undip menelusuri siklus bisnis yang ada. Para pembudidaya lele mengaku bahwa mereka hanya menjual hasil ternak lele mereka langsung kepada pengepul ataupun dipasok ke warung makan atau restoran. Padahal, jika hasil lele tersebut diolah dapat mendatangkan profit yang cukup menarik.
(Rabu, 27/07) Mahasiswa KKN Undip, Jurusan Ekonomi, Alvina Putri A.K memberikan ide usaha baru bagi para petenak ikan lele di Desa Beketel agar mereka dapat memaksimalkan profit melalui inovasi produk olahan baru dari ikan lele. Ikan lele yang biasanya langsung dikonsumsi tersebut diubah menjadi produk yang bergizi dan menarik untuk dipasarkan, yaitu abon lele.
Abon lele merupakan salah satu olahan pangan yang kaya akan sumber protein yang diolah dengan melewati beberapa proses seperti penggilingan, pemberian bumbu, serta penggorengan. Usaha abon lele ini berpeluang cukup besar bagi para pembudidaya ikan lele mengingat belum banyak produk turunan yang beredar di pasaran.
Pengenalan inovasi produk olahan abon lele ini mendapatkan antusias yang positif dari para anggota POKDAKAN (Kelompok Budidaya Ikan) Desa Beketel. Bertempat di kediaman Ketua Pokdakan, Bapak Siswanto, para anggota sangat aktif berdiskusi dan bertanya terkait dengan produk abon lele yang diperkenalkan. Ditambah di masa pandemi covid-19 ini tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah, menjadikan usaha abon lele ini berpotensi meningkatkan produktivitas.
Strategi pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan suatu bisnis. Pentingnya strategi pemasaran ini menjadi salah satu penentu keberhasilan bisnis baik bagi mereka yang sedang merintis usaha maupun yang sedang mengembangkannya. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk mempercepat penjualan produk, yang salah satunya dapat dilakukan melalui strategi digital marketing. Strategi digital marketing ini dinilai menjadi langkah yang tepat sebab berpengaruh sebesar 78 persen terhadap keunggulan bersaing UMKM dalam memasarkan produknya.
Strategi pemasaran sendiri dapat didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana penjual dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online, serta dapat meningkatkan omset usaha. Pemasaran digital ini mendatangkan banyak manfaat, diantaranya termasuk memperluas pangsa pasar dan menekan biaya promosi.
(Rabu, 4/08) Mahasiswa melakukan edukasi terkait dengan pemanfaatan strategi pemasaran digital yang dilakukan di kediaman Ketua Pokdakan Desa Beketel, Bapak Siswanto. Edukasi ini dilakukan guna menambah wawasan dan kepercayaan diri pengusaha dalam memasarkan produknya melalui marketplace facebook.
Pada sesi edukasi, dengan fitur marketplace yang sederhana membantu para anggota untuk dapat memahami cara pemasaran melalui marketplace facebook. Melalui edukasi ini juga telah dilakukan demo tutorial publikasi pemasaran di marketplace facebook secara langsung. Selanjutnya, perlu diketahui bahwa pemasaran digital ini sendiri bisa dilakukan di media sosial manapun selain facebook, termasuk di Instagram dan Whatsapp.
Alvina Putri A.K. (S1 – Ekonomi)
DPL : Ocid Mursid, S.T., M.T.