#Anak Susah Diatur? Mahasiswi KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Tentang Positive Parenting

IMG-20220731-WA0014

Pakintelan, Semarang (31/07/2022) – Pola asuh merupakan bentuk perlakuan yang diberikan orang tua kepada anak dalam mendidik dan membimbing anak. Pola asuh sangat berpengaruh terhadap proses perkembangan anak dalam mencapai proses pendewasaan. Salah satu bentuk pola asuh yang baik adalah dengan pengasuhan positif atau positive parenting.

Positive parenting merupakan perilaku orang tua yang diarahkan untuk perkembangan anak secara penuh melalui tindakan tanpa kekerasan namun dengan kepedulian, pengakuan, bimbingan dan pemberian batasan. Dengan itu, mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro, Angeline Rethaliana memberikan edukasi tentang positive parenting kepada ibu-ibu PKK di RT 01/01 Kelurahan Pakintelan.

IMG-6782

Dalam pelaksanaanya, kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan materi melalui powerpoint. Edukasi yang diberikan terdiri dari penjelasan tentang pengertian positive parenting, pengertian komunikasi efektif, cara berkomunikasi yang baik dengan anak serta bentuk-bentuk pengasuhan yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Dalam keberlangsungan kegiatan, mahasiswa mendapat feedback yang baik dari ibu-ibu PKK RT 01/01 selaku audiens. Hal tersebut terlihat dari antusias dan keseriusan ibu-ibu PKK dalam mendengarkan pemaparan materi. Selain itu, pemberian edukasi tidak berhenti sebatas pemaparan saja, melainkan di akhir kegiatan kami mahasiswi KKN juga memberikan booklet yang berisikan tentang edukasi pola asuh positif yang harapannya dapat dijadikan sebagai referensi atau gambaran dalam memberikan pengasuhan pada anak.

IMG-6785

Oleh karena itu, dengan adanya program tersebut maka orang tua dapat memahami bentuk pengasuhan yang baik pada anak dan dapat menerapkannya sehingga hubungan antara orang tua dengan anak terjalin harmonis serta memiliki komunikasi yang efektif.

Penulis: Angeline Rethaliana C. Purba
NIM: 15000119140307
Fakultas/Jurusan: Fakultas Psikologi/Psikologi
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdingingsih, M.T
Lokasi: Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang