Cegah Stunting dan Penyalahgunaan Narkoba, Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi kepada Pelajar hingga Ibu Hamil di Randusari

Kelurahan Randusari, Kota Semarang (11/8) – Kelurahan Randusari merupakan salah satu kelurahan di Kota Semarang yang berada di Kecamatan Semarang Selatan. Kelurahan Randusari merupakan wilayah yang berada di tengah perkotaan Kota Semarang. Kelurahan Randusari menjadi wilayah sasaran bagi mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melakukan pengabdian dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mulai awal bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus 2022.

Kelurahan Randusari terdiri atas tujuh Rukun Warga (RW) dan 52 Rukun Tetangga (RT). Kelurahan Randusari merupakan kawasan permukiman yang padat dengan banyak potensi. Di samping itu, Kelurahan Randusari juga memiliki persoalan tersendiri. Mengikuti tema KKN Universitas Diponegoro, yaitu narkoba dan stunting, mahasiswa KKN menyelenggarakan program berkaitan dengan pencegahan penyalahgunaan narkoba serta pencegahan stunting.

IMG-3629

Penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang telah banyak terjadi. Penyalahgunaan narkoba ini tentunya menimbulkan dampak negatif yang dirasakan oleh penyalahguna maupun lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk menyelenggarakan program yang dapat menyampaikan dan mengajak masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Program sosialisasi adalah program yang diadakan oleh Rona Bunga Mawar, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dari program studi Psikologi, bersama timnya.

Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dilakukan kepada pelajar di SMK Kristen Gergaji, Kelurahan Randusari, Kota Semarang. Sosialisasi dialksanakan pada Selasa (12/7) yang berbarengan dengan kegiatan MPLS di SMK Kristen Gergaji Kota Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa peserta MPLS dari SMP dan SMK Kristen Gergaji. Sosialisasi dilaksanakan di dalam ruangan kelas dengan dua mahasiswa KKN, Rona dan Tasya, sebagai pembicara.

Materi yang disampaikan pada program sosialisasi ini adalah materi seputar narkoba, seperti pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba dan golongannya, dampak penyalahgunaan, hingga undang-undang yang mengatur narkoba serta sanksi penyalahgunaan narkoba menurut hukum yang berlaku di Indonesia. Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemberian pre-test kepada peserta sosialisasi sebelum pemberian materi, juga diwarnai dengan pengadaan sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan pemberian post-test untuk mengetahui perubahan pengetahuan peserta setelah diberikan sosialisasi.

Setelah melakukan sosialisasi kepada siswa, Rona dan tim melanjutkan kegiatan dengan menempelkan poster mengenai ajakan menghindari narkoba. Poster ditempel di majalah dinding yang berada di sekolah. Penempelan poster ini dilakukan dengan harapan siswa akan sering melihat ajakan tersebut dan teringat terus untuk menghindari narkoba. Dengan pelaksanaan program ini, diharapkan siswa SMK Kristen Gergaji memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai narkoba serta menyadari bahaya penyalahgunaan narkoba, sehingga mereka akan menghindari penyalahgunaan narkoba.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-10-30-04-PM

Stunting juga menjadi persoalan yang tidak kalah penting. Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi yang terjadi pada balita. Stunting biasanya terjadi akibat kurangnya asupan makanan bergizi dan vitamin serta mineral pada anak sejak dalam masa kandungan ataupun setelah lahir. Program sosialisasi pencegahan stunting menjadi upaya mahasiswa KKN Universitas Diponegoro untuk mencegah stunting di Kelurahan Randusari.

Program sosialisasi pencegahan stunting dilakukan kepada ibu-ibu hamil yang ada di Kelurahan Randusari. Sosialisasi dilakukan pada Jumat (15/7) di balai RW 5 Kelurahan Randusari. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada ibu hamil mengenai bahaya stunting dan bagaimana cara mencegah stunting tersebut. Materi yang disampaikan pada sosialisasi merupakan materi seputar stunting, seperti pengertian stunting, penyebab stunting, tanda-tanda anak yang stunting, serta bagaimana cara mencegah stunting pada anak. Pemberian materi dilakukan oleh dua mahasiswa KKN, Tachasna dan Tamara.

Pelaksanaan sosialisasi ini didahului dengan pemberian pre-test dan diakhiri dengan pemberian post-test, seperti yang dilakukan juga pada program sosialisasi narkoba. Pelaksanaan program sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada ibu-ibu hamil di Kelurahan Randusari mengenai bahaya stunting pada anak, sehingga ibu-ibu hamil dapat mencegah terjadinya stunting pada anak sejak dini, yaitu sejak dalam kandungan.

Penulis : Rona Bunga Mawar
DPL : An’im Kafabih, S.E., M.E.
Lokasi : Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan