Cegah Kecanduan Gawai, Mahasiswi KKN Undip Melakukan Edukasi Tentang Teknologi Dengan Media Robot Sederhana

Whats-App-Image-2022-08-04-at-23-32-11

Semarang (11/8) – Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era revolusi industri 4.0 telah memberikan dampak signifikan kepada masyarakat, khususnya kalangan anak-anak usia dini. Dampak dari perkembangan teknologi yang sangat pesat ini yaitu anak-anak dapat dengan mudahnya mencari segala sesuatu ataupun bermain game online melalui gawai yang mereka punya. Menurut survei yang dilakukan oleh KPAI pada tahun 2020, sebanyak 71,3% anak-anak telah memiliki gawai sendiri serta riset yang dilakukan oleh Yayasan Kita dan Buah Hati juga mengatakan bahwa rata-rata pemakaian gawai yaitu selama 9 jam. Penggunaan gawai secara berlebihan tersebut akan memberikan beberapa dampak negatif bagi anak yaitu menyebabkan gangguan perilaku, gangguan tidur, gangguan penglihatan, serta gangguan kesehatan fisik dan mental lainnya.

Dari permasalah tersebut, Indah Ayu Fitria (Mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi) salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro yang diterjunkan di Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang melaksanakan program kerja monodisiplin dengan memberikan sebuah edukasi mengenai pengenalan teknologi dan robotik sederhana. Edukasi ini menggunakan media robot sederhana yang dikemas dalam acara “Pemberdayaan Siswa SD Masehi PSAK Citandui melalui Edukasi Pengenalan Robotik Sederhana” yang dilaksanakan di SD Masehi PSAK Citandui Kelurahan Bugangan pada hari Rabu (27/07/2022). Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi yang ditujukan kepada anak berusia 7-11 tahun sehingga para siswa dapat menerima serta menerapkan pemanfaatan materi tersebut. Selain penyampaian materi kita juga menunjukkan robot sederhana yaitu robot laba-laba.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-13-28-41

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pengenalan teknologi dan robot sehingga diharapan anak-anak mampu mengurangi penggunaan gawai yang berlebihan. Selain itu kegiatan ini juga dapat menanamkan minat anak untuk belajar tentang robotik dan menambah wawasan agar mereka lebih terbuka tentang teknologi.

Penulis: Indah Ayu Fitria (Teknologi Rekayasa Otomasi) – SV UNDIP 2019
DPL : Sukiswo., ST., MT
Lokasi : Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang