Pencegahan Kekerasan Seksual Sejak Dini Guna Mengurangi Kasus Kekerasan Seksual, Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro Memberikan Edukasi Pencegahan dan Sanksi Hukum terhadap Pelaku Kekerasan Seksual

S-62668821

Jakarta (11/08/2022). Kekerasan seksual menjadi isu yang tak kunjung selesai di Indonesia. Kasus yang seharusnya dapat diberantas namun hingga saat ini justru semakin meningkat. Berdasarkan data dari KemenPPPA, Januari 2022 hingga saat ini terdapat 14.065 kasus kekerasan seksual dan terdiri dari 2.167 korban laki-laki serta 12.993 korban perempuan. Perlu adanya tindakan yang dilakukan oleh setiap aktor dalam masyarakat untuk memberantas kekerasan seksual yang kerap terjadi di masyarakat.

Dengan fakta yang terdapat di lapangan, di mana kekerasan seksual yang terjadi di tengah-tengah masyarakat tidak memandang umur dan kalangan, maka dari itu sebagai upaya pencegahan sejak dini maka dilakukan kegiatan program kerja monodisiplin oleh salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dalam bentuk edukasi mengenai “Program Sosialisasi Pencegahan dan Sanksi Hukum terhadap Pelaku Kekerasan Seksual berdasarkan SDGs No. 16 – Peace, Justice, and Strong Institutions” pada Minggu, 07 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB sampai 10.45 WIB dengan mendatangi Stasi Maria Bintang Samudera Pondok Kelapa.

S-62668823

Mahasiswi Universitas Diponegoro tersebut memulai program sosialisasi pencegahan dan Sanksi hukum terhadap pelaku kekerasan seksual dilakukan dengan penyuluhan singkat secara langsung dan sudah dituangkan ke dalam bentuk powerpoint yang berisikan materi pemaparan contoh kasus, aturan hukum terkait, data kekerasan seksual dan tindakan yang harus dilakukan sebagai penyintas maupun saksi yang kemudian dipaparkan kepada Anggota Orang Muda Katolik Stasi Maria Bintang Samudera Pondok Kelapa sebagai pencerahan terhadap kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Setelah Mahasiswi Undip melakukan pemaparan dilakukan sesi tanya jawab interaktif bersama Anggota Orang Muda Katolik Stasi Maria Bintang Samudera Pondok Kelapa yang bertanya dan tertarik dengan materi yang dipaparkan.

S-62668824

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama antara Mahasiswi KKN TIM II Periode 2021/2022 Universitas Diponegoro dengan Anggota Orang Muda Katolik Stasi Maria Bintang Samudera Pondok Kelapa. Harapannya dengan dilakukannya program kerja monodisiplin berupa sosialisasi pencegahan dan Sanksi hukum terhadap pelaku kekerasan seksual dapat memberikan pencerahan dan meningkatkan kesadaran kepada Anggota Orang Muda Katolik Stasi Maria Bintang Samudera Pondok Kelapa terhadap kekerasan seksual dan bergerak bersama dalam memberantas terjadinya kekerasan seksual di tengah masyarakat.