UMKM Pasar Minggu Pagi Pekojan Go-Digital! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Bantu Optimalkan Potensi Pasar Purwodinatan Melalui Pemanfaatan Media Sosial

Instagram Account of Pasar Minggu Pagi Pekojan

(Semarang, 05/07) Tidak sedikit pelaku usaha atau UMKM di wilayah Kelurahan Purwodinatan yang terkena dampak pandemi Covid-19, terutama di bidang ekonomi. Banyak pelaku usaha yang kesulitan untuk berjualan secara langsung karena adanya aturan untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun dari pemerintah. Hal tersebut menjadi penyebab penurunan pemasukan penjualan, bahkan membuat beberapa usaha berhenti beroperasional.

Bersamaan dengan itu masyarakat, Gerai Kopi&Mie, dan LPMK Kelurahan Purwodinatan berinisiatif untuk mengembalikan potensi para pelaku usaha pasca pandemi Covid-19 dengan memberi wadah bagi UMKM di wilayah Purwodinatan melalui Pasar Minggu Pagi Pekojan. Selain itu, hambatan yang terjadi adalah dibutuhkannya perhatian masyarakat luar untuk turut serta memeriahkan Pasar Minggu Pagi Pekojan. Hambatan bagi masyarakat sendiri adalah kurangnya pemahaman mengenai Digital Marketing, membuat mereka yang merupakan pelaku usaha kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

Wilda Utammima Chalifa, salah satu Mahasiswi KKN UNDIP TIM II 2022 melihat adanya permasalahan tersebut. Guna memberikan kemudahan bagi pelaku usaha memasarkan produknya sekaligus menjadi panggung strategis dalam mempromosikan kuliner khas Purwodinatan sebagai salah satu potensi dalam menopang kebangkitan perekonomian wilayah.

Mba Maya Roti Maryam Khoja

Pada hari Jumat 15 Juli 2022, Pelaksanaan program ini berawal dengan melakukan wawancara kepada beberapa pelaku usaha kuliner yang menjadi ikon unik di Pasar Minggu Pagi Pekojan, yaitu kuliner dari 4 etnis, Jawa, China, Arab, dan Khoja. Selanjutnya, setiap hari minggu mahasiwa akan bertemu kembali dengan para pelaku usaha untuk merekam dan memotret sebagai bahan untuk pembuatan konten pada akun instagram Pasar Minggu Pagi Pekojan.

Mas Didit Gule Bustaman

Melalui program pengoptimalan platform instagram diharapkan UMKM dapat meningkatkan branding produk dalam proses digital. Dari beberapa UMKM Pasar Minggu Pagi Pekojan, diantaranya merasa cukup puas karena dirasa dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih digital.

TIM KKN II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2022
Wilda Utammima Chalifa-Fakultas Ekonomika & Bisnis 2019
Lokasi: Purwodinatan, Semarang Tengah
DPL: Sukiswo, S.T., M.T.