Tumbuhkan Kebiasaan Makan Ikan Sejak Dini, Mahasiswi KKN Undip Ajak Anak SD Kembangarum 01 untuk GEMARIKAN.

20220726-095203

Semarang (26/07/2022), Gerakan memasyarakatkan makanan ikan (GEMARIKAN) merupakan salah satu Gerakan yang digalakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendukung masyarakat agar mengkonsumsi produk laut secara rutin agar masyarakat Indonesia senantiasa cerdas, sehat, dan kuat. Namun karena kurangnya informasi dikalangan masyarakat Indonesia tidak banyak yang tahu bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak dibandingkan dengan protein dari daging merah dan protein nabati.

Oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kebaikan dari mengkonsumsi produk perikanan, Alya Ratna, Mahasiswi KKN Tim 2 Undip mengajak siswa siswi kelas 3B di SD Kembangarum 01 Semarang untuk sedini mungkin mengkonsumsi ikan. Kedatangan mahasiswi KKN Undip untuk melakukan sosialisasi disambut dengan antusias oleh seluruh warga sekolah terutama siswa-siswi kelas 3B SD Kembangarum 01.

20220726-100055

Kegiatan sosisalisasi dimulai dengan memberikan pertanyaan simple seperti “sudahkah kalian makan ikan hari ini” namun saying tidak banyak siswa siswi di kelas 3B yang makan atau membawa bekal produk perikanan pada saat sosialisasi dilaksanakan. Hal ini menunjukkan kurangnya awareness masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi ikan. Kemudian sosialisasi dilanjutkan dengan memberikan informasi mengenai kandungan gizi pada ikan serta mengenalkan jenis ikan yang umumnya di gemari masyarakat seperti ikan lele, ikan gurame, dan ikan nila pada kelompok ikan air tawar.Kemudian ikan kakap, lobster, dan kekerangan pada kelompok ikan air laut.

Kegiatan sosialisasi GEMARIKAN pada hari itu ditutup dengan quiz seputar perikanan yang diambil dari materi sosialisasi yang telah diberikan. Dikarenakan kegiatan sosialisasi dilakukan secara interaktif dan kondusif, banyak siswa siswi kelas 3B yang mampu menjawab pertanyaan quiz yang diberikan.

#Gemarikan
#KKNTIMIIUNDIP2022
#LPPMUndip
#p2kknundip
#undip

Penulis: Alya Ratna Hayuningtyas (Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan – Akuakultur)

Dosen Pembimbing: Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.T.

Lokasi KKN: Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang