Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Memberikan Dukungan Terhadap Program Posbindu Sebagai Strategi Mencegah Terjadinya Komorbiditas Masyarakat Kelurahan Banjardowo

Posbindu

Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang (27/07/2022) – Permasalahan yang terjadi saat ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya medical check-up atau biasa disebut pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tekanan darah,  gula darah, asam urat, dan kolesterol. Hal tersebut disebabkan karena masyarakat Kelurahan Banjardowo menghabiskan kegiatannya dengan bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan serta mulai melakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat melakukan deteksi dini atau tindakan pencegahan (preventif) terhadap penyakit yang akan terjadi. Adapun tujuan lain diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini adalah menginspirasi perangkat desa untuk dapat mengkembangkan dan menjadikan program tetap bagi Kelurahan Banjardowo dengan membuat pelayanan kesehatan terpadu untuk masyarakat pada kedepannya, serta bertujuan untuk mengurangi jumlah penderita penyakit diabetes, hipertensi, dan lain-lain.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-20-57-12

Kegiatan ini dilakukan secara door to door di RW 09, selain itu membantu posbindu yang ada di RW 3, Kelurahan Banjardowo. Mekanisme untuk kegiatan ini yaitu dengan menyiapkan alat kesehatan yang dibutuhkan seperti tensimeter, stetoskop, alat cek darah multi parameter 3 in 1 untuk mengecek tinggi rendahnya kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Setelah dilakukannya pemeriksaan tersebut beberapa masyarakat memiliki masalah akan kesehatannya karena tidak pernah mengecek kesehatannya secara rutin. Kegiatan ini dilaksanakan di RW 03 dan  RW 09, Kelurahan Banjardowo.

poster

sabun kertas ini adalah dapat meningkatkan keterampilan anak-anak serta ilmu yang diberikan dapat diterapkan dan berguna untuk kedepanya.
https://ibb.co/TmYFktv

Penulis : Sinta Triana Cahyani (Ilmu Keperawatan/Fakultas Kedokteran)

DPL :  Agus Naryoso S.Sos, M. Si

Lokasi : Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang