Tingkatkan Produktivitas UMKM Batik Arum Nugroho Mahasiswa KKN Kenalkan Budaya Jepang 5S dan Usulan Perbaikan Layout Lantai Produksi

Jepara, Semat (12/07/2022) – Tim KKN II Undip yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Semat, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara telah melaksanakan program kerja mengenai pengenalan budaya kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) dan Usulan Perbaikan Layout Lantai Produksi untuk meningkatkan produktivitas. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 12 Juli 2022 di UMKM Batik Arum Nugroho dan dihadiri oleh Karang Taruna dan Anggota dari UMKM Batik Arum Nugroho. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan adanya pelatihan membatik yang diadakan oleh UMKM Arum Batik Nugroho untuk mengenalkan proses membatik dengan metode batik tulis kepada para mahasiswa KKN. Kegiatan ini diawali dengan pelatihan membatik, dimulai dari proses membuat pola, memindahkan pola pada kain, mencanting, mewarnai, mengunci warna, dan menjemur kain batiknya. Setelah itu diadakan kegiatan edukasi dan pemberian usulan perbaikan layout kepada ketua UMKM Batik Arum Nugroho. Kemudian dilakukan praktik langsung bagaimana mengimplementasikan metode 5S di lantai produksi.

Ada beberapa permasalahan yang terjadi di lantai produksi batik, diantaranya adalah terinjaknya peralatan membatik yang dapat melukai kaki yang diakibatkan karena alat canting dan kuas yang berserakan. Akibatnya produktivitas pekerja menjadi terhambat. Tata letak dari lantai produksi UMKM Batik pun belum teroganisir dengan baik. Hal ini mengakibatkan waktu proses menjadi lebih lama karena jarak antar stasiun kerja yang berjauhan.  

Ika Safitri selaku ketua UMKM Batik Arum Nugroho memberikan respon yang positif mengenai pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan. “Diharapkan dengan program kerja ini, proses produksi bisa lebih efisien dan efektif, sehingga produktivitas bisa meningkat. Terimakasih kepada Tim KKN II Undip yang telah memberikan pengetahuan kepada kami, harapannya semoga bisa diimplementasikan dengan baik” Ujar Ketua UMKM Batik Arum Nugroho Saudari Ika Safitri.

Penulis = Annisa Rahma Shintyastuti

DPL = Dra. Puji Astuti M.Si.

Desa Semat Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara