Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 Melakukan Inovasi dengan Digitalisasi Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Puyuh Serundeng di Desa Iser
Iser (27/7/2022). UMKM Puyuh Serundeng merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah yang terdapat di Desa Iser. Produk puyuh serundeng menjadi produk pangan yang sangat diminati oleh para warga Iser dan sekitarnya karena kelezatan dan keaslian rasa yang dimiliki. Pemilik usaha puyuh serundeng sendiri yaitu Ibu Sinok (Sri Mukti), beliau telah menekuni usaha ini selama 25 tahun. Dalam menjalankan usahanya masih menggunakan cara yang sederhana contohnya pada aspek promosi hanya dari mulut ke mulut saja dan pemasaran masih dilakukan secara tradisional dan jangkauan pasar yang terbatas. Penanda atau tanda pengenal di tempat usaha juga tidak ada, sehingga masih kurang dikenal dan kurang menarik bagi masyarakat yang bukan domisili desa Iser. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan program digitalisasi pemasaran pada UMKM Puyuh Serundeng.
Program dilaksanakan dengan diawali melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik usaha terkait dengan proses produksi hingga pemasaran produk puyuh serundeng. Dari hasil yang diperoleh pemasaran produk masih terbatas sehingga mahasiswa melakukan pembuatan dan pemasangan banner sebagai tanda pengenal usaha serta melakukan promosi produk melalui media sosial mahasiswa KKN. Dari program yang dilaksanakan, pemilik usaha merasa sangat terbantu dan turut senang karena produknya dapat dipasarkan secara luas. Adanya program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan memperluas jangkauan pemasaran produk.
Penulis :
Rachma Asyifa Surya-26060119140057-S1 Teknologi Hasil Perikanan
Dosen Pembimbing : Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc