SERBU UMKM! SERba BarU bagi UMKM. Mahasiswa KKN Undip lakukan perubahan sistem bisnis untuk UMKM di Kelurahan Tlogomulyo
Semarang (11/08/2022). Mengingat tingkat adopsi smartphone yang tinggi di seluruh dunia, terjadi banyak perubahan perilaku masyarakat yang tanpa disadari sangat signifikan. Mulai dari nilai industri e-money yang diperkirakan akan meningkat secara signifikan secara global. Pergeseran preferensi konsumen terhadap metode pembayaran digital, seperti e-money daripada metode pembayaran tradisional. Perkembangan tingkat adopsi smartphone juga mempengaruhi gaya pembelian masyarakat yang sekarang ini condong ke pembelian secara online melalui kana e-commerce. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 2,36 juta usaha e-commerce yang tersebar di tanah air pada 2020. Hal ini perlu disadari pelaku UMKM untuk mampu menjualkan produknya melalui e-commerce.
Adapun hal lain yang perlu secara berkala diperhatikan oleh pelaku UMKM yaitu tampilan produk. Masih terdapat beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Tlogomulyo yang masih kurang memperhatikannya, masih ada yang menggunakan daftar menu dan kemasan yang tidak update lagi dengan kondisi bisnisnya. Maka Nydia Widya Soraya mahasiswa KKN Tim II Undip tergerak untuk membersamai UMKM adaptif dalam menyikapi kondisi perkembangan ini, dengan sosialisasi dan pendampingan QRIS, pemanfaatan Shopee untuk penjualan online, dan re-desain produk sebagai salah satu langkah menghadapi kondisi ini.
Pendampingan mahasiswa kepada 11 pelaku UMKM dilakukan selama 13 hari yaitu pada Jumat, 29 Juli 2022 – Rabu, 10 Agustus 2022. Pendampingan dilakukan dengan cara one on one antara mahasiswa dengan pelaku UMKM di Kelurahan Tlogomulyo secara intens. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan UMKM, 5 diantaranya pembuatan QRIS yang rata-rata adalah usaha bisnis kuliner. Lalu 5 diantaranya pendampingan re-desain produk yang berbeda-beda, mulai dari re-desain kemasan, daftar menu, dan keperluan lain seperti re-desain banner outlet. Re-desain kemasan yang dilakukan mahasiswa ini telah memasuki tahap proses diproduksi secara massal oleh pelaku UMKM untuk didistribusikan di toko- toko dan e-commerce. Selain, itu 2 diantaranya pendampingan pengelolaan akun Shopee. Pengelolaan akun Shopee ini mulai dari pembuatan akun, cara mengunggah produk, klaim gratis ongkir, hingga penarikan saldo.
Selama masa pendampingan berlangsung banyak pelaku UMKM yang senang dan merasa terbantu dengan adanya perubahan-perubahan baru yang diberikan mahasiswa. Perubahan sistem dan tampilan baru produk merupakan gambaran dari wajah baru UMKM maju yang lebih kompetitif.
Harapan dari kegiatan ini semoga para pelaku UMKM di Kelurahan Tlogomulyo memiliki pondasi yang kuat hingga mampu bersaing dan membangun pertumbuhan ekonomi baik secara pribadi maupun nasional. UMKM Maju, Indonesia Bangkit !
Penulis : Nydia Widya Soraya (Manajemen / Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E., M.Sc., Ak.
Lokasi KKN : Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang