Berita Hoax Rawan Tersebar di Kalangan Ibu-Ibu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Penyuluhan Literasi Media Tentang Hoax kepada Masyarakat Kelurahan Bugel

Salatiga (25/07/2022) Saat ini internet merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia. Selain sebagai sarana untuk mencari suatu informasi, internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini membuat interaksi langsung di masyarakat semakin berkurang tergantikan dengan interaksi dengan menggunakan media internet. Meningkatnya informasi ternyata tidak selalu berefek positif bagi masyarakat. Ini menjadi masalah ketika informasi yang diedarkan adalah berita bohong atau lebih dikenal dengan hoax. Sangat disayangkan apabila informasi yang disampaikan tersebut adalah informasi yang tidak akurat terlebih informasi tersebut adalah informasi bohong (hoax) dengan judul yang sangat provokatif menggiring pembaca dan penerima kepada opini yang negatif. Opini negatif, fitnah, penyebar kebencian yang diterima dan menyerang pihak ataupun membuat orang menjadi takut, terancam dan dapat merugikan pihak yang diberitakan sehingga dapat merusak reputasi dan menimbulkan kerugian materi. Pihak yang rentan terkena hoax tersebut adalah dari kalangan orang tua, karena pengetahuan tentang internet yang masih minim sehingga dapat mengakibatkan penerimaan informasi yang salah. Terutama bagi kalangan ibu-ibu yang rentan dengan berita hoax ini.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-21-00-10

Maka dari itu salah satu upaya merespons masalah tersebut, Mohamad Febriansyah yang merupakan salah satu Mahasiswa KKN Tim II UNDIP menyelenggarakan Program Kerja Monodisiplin berupa Penyuluhan Literasi Media tentang Informasi Bohong (hoax) kepada ibu-ibu PKK RW 02 yang berlokasi di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah. Tanggapan dari para ibu-ibu PKK terlihat positif dalam menerima edukasi ini, karena dari mereka seringkali mendapatkan informasi palsu atau Hoax, bahkan beberapa ada yang pernah tertipu oleh pesan Hoax berhadiah.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-21-00-09

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat khususnya kepada ibu-ibu tentang pencegahan penyebaran informasi palsu (Hoax), serta mengetahui dan mempraktikkan cara memilah informasi yang ada di internet, dan tidak serta merta menelan mentah-mentah informasi tersebut.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-21-00-10-1

Penulis : Mohamad Febriansyah
DPL : Ir. Sulistyo, M.T.Ph.D
Lokasi KKN : Kelurahan Bugel, Kota Salatiga.