KEREN! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP ATASI PERMASALAHAN PEMASARAN KAMPUNG TEMATIK PILAH SAMPAH MELALUI REBRANDING
SEMARANG (11/8/2022) – Dalam menghadapi era globalisasi, suatu daerah harus mampu memanfaatkan keunggulan daerahnya dalam segala bidang. Branding merupakan suatu upaya untuk membentuk citra dan makna dalam benak target pasar. Untuk lebih menarik turis dan mempublikasikan branding yang tengah dibentuk, maka harus dapat memanfaatkan media promosi melalui media sosial dengan menggambarkan brand tersebut agar mampu meningkatkan upaya strategi branding suatu daerah. Kelurahan Karanganyar Gunung mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan. Pemkot Kota Semarang menunjuk RW 02 Kelurahan Karanganyar Gunung sebagai Kampung Tematik Pilah Sampah. Namun, potensi tersebut masih belum dimanfaatkan dengan baik dan masih memiliki dalam kesulitan dalam hal pemasaran. Kampung Tematik Pilah Sampah ini masih belum memiliki akun media sosial sebagai media pemasaran, sehingga masih belum banyak masayarakat di luar Kota Semarang yang mengetahui potensi tersebut. Pilah sampah merupakan hal yang penting dalam rangka mengelompokkan sampah sesuai jenisnya dan dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna agar dapat bernilai ekonomi. Oleh karena itu, perkembangan dari Kampung Tematik Pilah Sampah harus diperhatikan salah satunya dengan pemasaran yang baik agar potensi tersebut dapat dimaksimalkan.
Diskusi mengenai Pembuatan Akun Media Sosial dan Desain Logo
Berdasarkan hal tersebut, Riangger, mahasiswa jurusan Administrasi Publik yang tergabung dalam KKN Tim II Undip 2021/2022, memberikan pendampingan kepada pengurus Kampung Tematik Pilah Sampah sebagai sasaran program agar pemasaran Kampung Tematik Pilah Sampah semakin meluas dengan diadakan Program Pendampingan Rebranding Kampung Tematik Pilah Sampah melalui Akun Media Sosial. Program tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Agustus 2022 pada pukul 18.30 – 20.30 WIB di rumah Ketua RT 6 RW 2 Kelurahan Karanganyar Gunung. Program dilaksanakan dengan memberikan pendampingan pembuatan desain logo serta pelatihan pembuatan akun Instagram beserta desain template feeds Instagram dan logo Kampung Tematik Pilah Sampah. Koordinasi terus dilakukan dengan Ketua RT 6 RW 2 Kelurahan Karanganyar Gunung dalam rangka memantau keberlanjutan program. Diharapkan dengan langkah ini, Kampung Tematik Pilah Sampah semakin meningkatkan potensi yang dimilikinya dan dapat terus mengupdate informasi kegiatan maupun produk-produk yang dihasilkan pada akun media sosial agar strategi pemasaran terus meningkat.
Logo Kampung Tematik Pilah Sampah RW 2 Kelurahan Karanganyar Gunung
Penulis : Riangger
DPL : Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
#KKNTimIIPeriode2022
#P2KKNUNDIP
#LPPMUNDIP
#UNDIP