Yuk, Mengenal Molase dari Sisa Kulit Buah!

S-6463712

Kelurahan Jatingaleh (28/07) – Limbah organik maupun nonorganik sudah sangat menumpuk di tiap daerah di Indonesia, kadang limbah tersebut tidak terolah maupun tidak dimanfaatkan kembali, sehingga upaya minimalisir limbah masih kurang diterapkan. Limbah organik, seperti sisa buah maupun kulit buah seharusnya masih bisa dimanfaatkan ulang menjadi berbagai macam produk baru, produk tersebut dapat digunakan untuk kepentingan pribadi maupun dijadikan produk ekonomis yang bernilai jual.
Salah satu produk dari limbah kulit buah adalah Mol(Mikroorganisme Lokal) yang nantinya akan berbentuk seperti pupuk orgnaik cair dan bermanfaat sebagai disinfektan dan perangsang pertumbuhan buah dari pohon maupun tanaman.

S-6463725

Bekerja sama dengan RW 08, Kelurahan Jatingaleh, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2022 menyelenggarakan acara sosialisasi limbah organik serta demonstrasi pembuatan MOL yang nantinya diharapkan bisa menginisiasi warga untuk meminimalisir serta memanfaatkan limbah organik kembali menjadi suatu produk yang bermanfaat.
Mol dibuat dengan memanfaatkan bahan bahan sederhana, seperti air sisa cucian beras, limbah kulit buah, dan air gula. Warga juga memberi pernyataan bahwa penggunaan pupuk sering digunakan dalam kegiatan berkebun maupun sekedar menanam didepan rumah, sehingga mengeluarkan biaya yang lumayan besar jika ditotal dalam jangka waktu tertentu. Sehingga pembuatan mol bisa dijadikan penekan biaya dalam berkebun serta bisa menjadi lapangan kerja baru jika produk tersebut dibuat skala besar dan dipasarkan.

Penulis : Alif Fitra Hidayatullah
Editor : Hendrik A.S