PEDULI KESEHATAN DAN MASA DEPAN ANAK, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP KELURAHAN SUKOREJO ADAKAN PROGRAM EDUKASI PENTINGNYA MINUM SUSU DAN GERAKAN GEMAR MAKAN IKAN UNTUK CEGAH STUNTING

Pekalongan (11/8/2022) – Stunting merupakan kondisi yang terjadi pada anak yang biasanya ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lebih rendah dibandingkan anak seusianya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya asupan gizi pada anak. Asupan gizi yang tidak terpenuhi pada anak tidak hanya dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terhambat, tetapi juga mampu memicu timbulnya beberapa penyakit pada tubuh anak. Pentingnya pemenuhan asupan gizi pada anak tersebut mendorong mahasiswa KKN Tim II Undip mengadakan Program Kerja Multidisiplin “Edukasi Pentingnya Minum Susu dan Gerakan Gemar Makan Ikan” untuk membantu pencegahan stunting.

IMG-4050-1

Program “Edukasi Pentingnya Minum Susu” dilakukan pada Selasa (12/7/2022) kepada para ibu yang hadir dalam kegiatan posyandu anak Dukuh Banjarsari di balai desa Sukorejo. Program tersebut meliputi kegiatan sosialisasi kepada para ibu disela-sela kegiatan posyandu secara one by one berkaitan dengan pentingnya minum susu, baik dari segi kandungan maupun manfaatnya serta jumlah konsumsi susu yang baik untuk anak. Sosialisasi ini menggunakan media pendukung berupa poster yang nantinya diberikan kepada masing-masing ibu yang hadir dalam kegiatan posyandu.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-23-08-46

Program “Gerakan Gemar Makan Ikan” dilakukan pada Kamis (28/7/2022) kepada siswa kelas V SDN 1 Sukorejo. Program ini meliputi kegiatan sosialisasi berupa penjelasan informasi dengan menggunakan media pendukung berupa powerpoint berkaitan dengan pengenalan ikan, kandungan ikan, dan manfaat mengonsumsi ikan dengan diselingi games yaitu tebak gambar ikan dan kuis.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-22-58-29

Program Edukasi Pentingnya Minum Susu dan Gerakan Makan Ikan sama-sama mendapatkan respon baik dari sasaran yang dapat dilihat dari antusias para ibu yang hadir dalam kegiatan posyandu dan siswa kelas V SDN 1 Sukorejo ketika pelaksanaan program sosialisasi berlangsung. Tujuan diadakannya program tersebut yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada sasaran dan diharapkan dapat diterapkan oleh sasaran untuk mencegah terjadinya stunting.

Penulis : Ila Zahara Kamalia
DPL : Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M. Acc.
Lokasi : Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan