BANTU TINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP KELURAHAN SUKOREJO AJARKAN PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI SARANA BAGI MASYARAKAT DALAM MEMBUKA BISNIS

Pekalongan (11/8/2022) – E-commerce merupakan tipe bisnis yang memudahkan penjual dan pembeli dapat melakukan jual beli secara online. Model e-commerce yang banyak digunakan masyarakat yaitu marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya. Penggunaan e-commerce dalam memasarkan produk tidak hanya memberikan keuntungan pemasaran produk menjadi lebih efektif dan efisien, tetapi juga mampu meningkatkan permintaan terhadap produk lebih cepat karena jangkauan pasar yang luas. Masyarakat Kelurahan Sukorejo yang masih belum terdapat UMKM yang memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran mendorong mahasiswa KKN Tim II Undip mengadakan Program Kerja Monodisiplin “Edukasi mengenai Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran yang Efektif”

Whats-App-Image-2022-08-11-at-19-59-08

Program “Edukasi mengenai Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran yang Efektif” dilakukan yaitu Senin (25/7/2022) di Balai Desa Sukorejo. Pelaksanaan program yang pertama meliputi kegiatan sosialisasi kepada 30 ibu-ibu PKK berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan e-commerce serta cara penggunaan marketplace Tokopedia sebagai marketplace terpopuler di Indonesia dengan menggunakan media pendukung berupa powerpoint.

IMG-5370

Program Edukasi mengenai Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran yang Efektif mendapatkan respon baik dari sasaran yang dapat dilihat dari antusias dan banyaknya partisipasi sasaran dalam mengikuti pelaksanaan program sosialisasi. Tujuan diadakannya program tersebut yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada sasaran mengenai pemanfaatan E-Commerce sebagai media pemasaran yang efektif dan diharapkan dapat diterapkan oleh sasaran dalam kegiatan jual beli secara online, bahkan sebagai sarana membuka usaha yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan.

Penulis : Ila Zahara Kamalia
DPL : Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M. Acc.
Lokasi : Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan