Tim KKN Undip Mengajak Remaja Kelurahan Petompon untuk Memanfaatkan Personal Branding di Sosial Media

Siapa yang tidak asing dengan sosial media?
Seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju, sosial media menjadi salah satu bagian dari internet yang kini mempengaruhi setiap lapisan masyarakat.
Data dari APJJ di tahun 2022 menunjukan bahwa sekitar 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi sosial media sebagai aplikasi yang paling sering mereka gunakan. Hal ini menunjukan betapa lekatnya peran sosial media di kehidupan kita sehari-hari dengan berbagai macam fungsi yang dimanfaatkan.
Hal ini menjadi perhatian bagi salah satu mahasiswi D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro dari tim KKN Kelurahan Petompon, untuk memanfaatkan penggunaan sosial media sebagai tempat untuk membangun relasi yang bermanfaat (networking) dengan menonjolkan branding dari pengguna nya.
Pada hari Kamis (11/08) Tim KKN Undip Kelurahan Petompon mengadakan acara bertajuk “Better Networking with Social Media Branding” dengan tema Showcase Your Potential. Kegiatan ini mengajak Karang Taruna Kelurahan Petompon untuk memanfaatkan sosial media mereka sebagai wadah untuk membangun identitas unik dan menunjukan potensi mereka di sosial media. Remaja diajak untuk tidak takut menunjukan potensi mereka di sosial media sebagai cara untuk mereka mendapat relasi dengan pengguna sosial media lainnya.
Peserta kegiatan menunjukan antusiasme dalam pemaparan materi dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan diskusi mengenai materi. Mereka menunjukan hasil analisa SWOT mereka dan apa yang bisa di implementasikan di sosial media mereka. Menurut Naufal, selaku Ketua Karang Taruna dari Kelurahan Petompon mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mereka untuk mengembangkan potensi mereka dengan maksimal.

Penulis: Almira Lovendra Risjayanti
D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat/Universitas Diponegoro
DPL: Dr. Eng. Agus Setyawan S. Si. M. Si