Mahasiswa KKN Undip Memberikan Pencerdasan Digital Marketing pada Pegiat UMKM di Kelurahan Candirejo.
UNGARAN. – Pandemi yang mulai menyebar di Indonesia sejak tahun 2020 kemarin mengubah tatanan kehidupan masyarakat luas. Semua yang semula bisa dijalankan secara tatap muka beralih menjadi pertemuan lewat media. Hal ini memaksa tiap orang untuk mampu beraktivitas menggunakan teknologi informasi. Mulai dari melakukan pembelajaran, bekerja, berekreasi, penjualan, pemasaran, dan masih banyak lagi. Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan menggunakan media sosial membawa dampak negatif maupun positif yang signifikan bagi masyarakat. Untuk masyarakat yang tidak dapat mempelajari dan menggunakan sosial media dengan mudah, segala hal menjadi lebih rumit dan susah. Namun bagi mereka yang mau memaksimalkan sosial media, hampir semua hal dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat.
Inti dari sebuah bisnis adalah bagaimana perusahaan dapat mencapai keuntungan setinggi-tingginya. Untuk itu pemasaran yang tepat diperlukan agar dapat menjangkau semakin banyak orang dan juga lokasi yang semakin luas. Dalam hal inilah, Pandemi kemarin membawa dampak positif bagi dunia bisnis. Lewat media sosial, setiap lapisan masyarakat pada tiap penjuru dunia bisa digapai untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki selama menggunakan kiat-kiat yang tepat. Maka dari itu, pencerdasan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undip Tim II tahun 2021/2022 secara door to door pada Selasa (10/08/2022) ditujukan untuk membantu pegiat UMKM di Kelurahan Candirejo, Ungaran Barat, Kab. Semarang dalam memanfaatkan sosial media sebagai media promosi dengan teknik dan cara yang tepat yaitu :
1. Menentukan Target Market
Target Market merupakan sasaran pasar yang dituju oleh perusahaan berupa individu, kelompok demografi, dan lain sebagainya. Penentuan sasaran pasar yang jelas membantu perusahaan untuk menentukan cara pemasaran yang tepat untuk kelompok tersebut.
2. Mempelajari SEO dan SEM
Mengetahui SEO dan SEM yang tepat membantu perusahaan untuk meningkatkan pengunjung pada websitenya sehingga dapat menjangkau semakin banyak konsumen.
3. Menentukan konsep pemasaran
Konsep pemasaran yang baik membantu pelanggan untuk menemukan usaha serta membantu perusahaan untuk mendapatkan konsumen yang mau melakukan pembelian berulang.
4. Mencari channel yang lebih luas untuk menjangkau lebih banyak orang
Channel atau jaringan yang lebih luas memampukan perusahaan untuk menjangkau konsumen yang semakin luas pula.
Diharapkan pencerdasan yang dilakukan ini membantu masyarakat khususnya di wilayah Candirejo untuk dapat memasarkan produk dan jasanya secara lebih tepat sehingga mendapatkan konsumen yang lebih banyak pula.
Penulis: Gresia Ayu Astrida/ Program Studi Manajemen/ 12010119130143
Lokasi: Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
Dosen Pembimbing: Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., MT.