Lebih Efektif dan Efisien, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Memperkenalkan Sistem Digitalisasi Pembukuan Keuangan bagi UMKM melalui Aplikasi BukuWarung

Wonotingal, Semarang (26/07/2022) – Saat ini, perkembangan dunia digital semakin pesat dan memasuki banyak aspek dalam kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia ekonomi dan bisnis. Salah satu penggunaan teknologi yang belakangan ini populer yaitu aplikasi pembukuan keuangan toko terutama UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha. Salah satu bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pelaku bisnis UMKM adalah mencatat laporan keuangan sebagai catatan informasi keuangan yang menggambarkan kinerja UMKM.
Program kerja monodisiplin dengan tema Digitalisasi Pembukuan Keuangan dalam Berwirausaha melalui Aplikasi Buku Warung ini dilaksanakan oleh Banindhia Shalfa Aisyahadani pada Selasa, 26 Juli 2022 di bawah bimbingan Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Program ini ditujukan kepada para pelaku bisnis UMKM di Kelurahan Wonotingal.
BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Ketika dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi handphone. Fitur pada aplikasi “BukuWarung” ini terdapat catatan utang dan piutang, pencatatan pemasukan dan pengeluaran, cara mengelola stok barang, dan mengecek laporan keuangan.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-10-47-53-PM-1

Edukasi ini bertujuan untuk menambah pemahaman pelaku UMKM tentang bagaimana cara memanfaatkan aplikasi BukuWarung sebagai sarana pencatatan transaksi keuangan agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, tujuannya juga memperkenalkan teknologi informasi yang lebih maju di era sekarang yang serba online agar para wirausahawan juga tetap update mengikuti perkembangan zaman.
Kegiatan edukasi ini berupa sosialisasi yang dilakukan secara door to door dengan mengunjungi beberapa UMKM yang ada di Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Materi pelaksanaan program sosialisasi ini berisi bagaimana cara menggunakan aplikasi BukuWarung dari mulai pendaftaran akun, fitur-fitur yang tersedia hingga cara penggunaannya. Selain itu, juga dijelaskan berbagai kelebihan dari aplikasi BukuWarung agar pelaku UMKM lebih tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Setelah melakukan sosialisasi, pelaku UMKM diberikan leaflet yang berisi penjelasan mengenai aplikasi terkait agar kedepannya bisa terus dipelajari.
Dengan adanya program kegiatan ini diharapkan para pemilik warung/toko dan UMKM di Kelurahan Wonotingal untuk melanjutkan dan mampu mengoperasikan aplikasi pembukuan keuangan dengan teratur, efektif, dan efisien pada usaha serta mampu meningkatkan penjualan atau pendapatan dengan adanya pembukuan keuangan.

Penulis: Banindhia Shalfa Aisyahadani – Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis
NIM: 12030119130221
Dosen Pembimbing Lapangan: Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D.