Menginspirasi! Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi tentang Limbah Ketela Pohon menjadi Pakan Silase

ARC01341

Foto dengan Salah Satu Peserta Sosialisasi Strategi Pengembangan dan Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Pesantren
(Sumber: Dokumen Pribadi)

Semarang (12/08/2022) – Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022, mahasiswa TIM 2 KKN UNDIP 2022 di Kelurahan Pesantren, Mijen, Semarang melaksanakan program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar dalam acara “Strategi Pengembangan dan Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Pesantren”. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Kelurahan Pesantren yang dihadiri masyarakat yang dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Materi yang disampaikan dalam acara tersebut ada beberapa macam, mulai dari cara peningkatan kualitas dan kuantitas terkait UMKM yang dimiliki hingga beberapa inovasi terbaru dalam membangun usaha yang dapat dilakukan masyarakat Kelurahan Pesantren. Berlatarbelakang potensi pertanian Kelurahan Pesantren yang berupa tanaman ketela pohon, salah satu mahasiswa KKN Undip melakukan edukasi inovasi terbaru untuk memanfaatkan limbah ketela pohon menjadi silase pakan ternak.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan dari beberapa masyarakat Kelurahan Pesantren, limbah dari ketela pohon yang ada biasanya hanya langsung dijual atau diberikan pada ternak tanpa dilakukan pengolahan apapun oleh peternak. Pelaksanaan edukasi ini bertujuan menginovasi masyarakat akan usaha baru yang dapat dikembangkan berhubungan dengan peternakan sekaligus pertanian. Mahasiswa yang mengedukasi memaparkan menggunakan media PowerPoint dan membagikan poster cara pembuatan silase pakan ternak dari limbah ketela pohon.

Masyarakat menilai inovasi tersebut sangat menarik dan menguntungkan, baik bagi pemilik kebun ketela pohon ataupun yang memiliki ternak ruminansia. Hal ini karena manfaat yang didapatkan yaitu mulai dari menambah pendapatan, pembuatan silase yang terbilang cukup mudah dan modal yang tidak terlalu besar serta manfaat nutrisi dari produk pakan silase yang dihasilkan.

1659177592627

Poster Pembuatan Pakan Silase Limbah Ketela Pohon
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Penulis : Hashifah Khoirunnuha
Pembimbing : Roro Isyawati P.G., S.IP., M.IP.
Lokasi : Pesantren, Mijen, Semarang, Jawa Tengah