BOCIL TOP UP BERTEBARAN! Mahasiswa Undip melakukan sosialisasi tentang pentingnya menabung dan mengatur keuangan

Iser, Petarukan (23/7/2022). Desa Iser menjadi salah satu lokasi KKN Tim II Universitas Diponegoro yang terletak di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Tema KKN kali ini yaitu Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s, Program Anti Narkoba dan Kesadaran Tentang Stunting.

IMG-2519

Ketika wabah covid-19 melanda Indonesia, banyak aktivitas – aktivitas masyarakat yang terpaksa dilakukan secara online, salah satunya aktivitas pembelajaran. Pada saat siswa siswi berdiam diri di rumah tanpa bisa bermain ke luar, banyak dari mereka yang memilih untuk memainkan game online. Di desa Iser, banyak anak – anak sekolah dasar yang juga memainkan game online, dan tidak sedikit dari mereka yang melakukan top up di game online untuk mendapatkan item – item menarik yang disediakan, tentunya hal ini bisa menjadi hal buruk bagi mereka karena bisa berakibat kecanduan untuk melakukan top up game online, selain itu uang tersebut seharusnya bisa digunakan untuk jajan atau hal lain yang lebih bermanfaat seperti menabung. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN melakukan program kerja “Sosialisasi tentang Pentingnya Menabung dan Manajemen Keuangan” di SD Negeri 02 Iser, Kecamatan Petarukan.

IMG-20220811-WA0001

Program kerja tersebut sejalan dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s yaitu point ke ke- 3 dan ke- 4 (hidup sehat dan sejahtera) dan (pendidikan berkualitas). Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN mengedukasi tentang apa itu menabung, pentingnya menabung, manfaat menabung dan cara mengatur keuangan secara sederhana. Mahasiswa melakukan sosialisasi dengan menggunakan media video animasi agar lebih menarik dalam penyampaian selain itu ada contoh perhitungan simulasi menabung. Peserta sosialisasi ini yaitu kelas 5 dan 6 SD N 02 Iser dengan jumlah total siswa/siswi 62 anak. Peserta dengan antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, dan mereka aktif menjawab pertanyaan atau quiz yang diajukan mahasiswa.
Dengan adanya program kerja tersebut, harapannya para siswa/siswi dapat mengatur uang saku mereka secara bijak dan hemat, serta berhenti melakukan top up game online, selain itu diharapkan mereka bisa menyadari dan melakukan kegiatan menabung sejak dini.

Penulis : M. LUKY FERRYANTO – S1 Administrasi Bisnis
Dosen Pembimbing : Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc
Lokasi : Desa Iser, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang