ZEROWASTE ALERT! Kurangi Sampah Plastik, Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajak Warga Membuat Tong Sampah dari Ecobrick

31-Juli-Proker-multi-ecobrick-4

Candirejo, Kabupaten Semarang (31/07/2022) – Dewasa ini plastik menjadi polemik terbesar dari semua permasalahan lingkungan. Kepraktisan plastik membuat masyarakat menggunakannya di kehidupan sehari-hari tetapi mengabaikan dampak yang akan terjadi ke depannya. Polimer plastik memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai, hal ini mengakibatkan dampak yang cukup serius seperti pemanasan global dari transmisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh plastik dan bahkan berdampak pada kesehatan manusia. Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan pembuatan ecobrick.

Kelompok Mahasiswa Tim II KKN Undip Kelurahan Candirejo melaksanakan program pengurangan sampah plastik dengan pembuatan ecobrick. Kegiatan ini meliputi sosialisasi pengenalan apa itu ecobrick serta bagaimana pembuatannya dengan output berupa pengadaan tong sampah dari ecobrick. Pelaksanaan sosialisasi ini dilatarbelakangi dari penuturan Ketua RT 03 RW 03 Desa Candirejo mengenai permasalahan warga setempat yang belum memiliki tempat penampungan sampah sementara. Selain itu, warga setempat masih belum bisa memanfaatkan sampah plastik dengan baik.

image
image

Sosialisasi dilaksanakan di kediaman ketua RT 03 yang dihadiri oleh warga dari berbagai kalangan mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu sampai anak-anak. Warga menanggapi sosialisasi ini dengan sangat positif dan mendukung program pembuatan pengadaan tong sampah dengan ecobrick ini. Setelah program sosialisasi dilakukan, kelompok KKN mulai membuat tong sampah dari ecobrick untuk memberikan contoh kepada warga agar ke depannya dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat.

“Tujuan disosialisasikannya pengelolaan sampah secara mandiri dan pembuatan ecobrick ini yaitu agar masyarakat kembali aware dalam upaya mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang menggunakan botol plastik agar menjadi benda yang bermanfaat” ujar Amelia Yasmnie sebagai koordinator kelompok KKN.

Pak Musafa sebagai Ketua RT 03 memberikan tanggapan yang positif mengenai kegiatan sosialisasi ini “Dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi yang diberikan, harapan dari saya semoga warga-warga yang mengikuti sosialisasi mulai termotivasi dan terbiasa mengelola sampah plastik mereka dengan mandiri. Sehingga bisa menjawab beberapa permasalahan sampah plastik di sekitaran rumah warga saya”.

image

Pelaksanaan program pengabdian pengolahan sampah ini dimaksudkan agar masyarakat bisa memanfaatkan sampah untuk menghasilkan barang-barang yang bermanfaat. Selain menyenangkan, kegiatan pembuatan ecobrick juga memiliki manfaat yang beragam, terutama berkontribusi pada pengurangan sampah plastik serta diharapkan dapat merangsang banyak aspek seperti kreativitas dan seni masyarakat.

Setelah selesai membuat ecobrick dengan jumlah yang dibutuhkan beberapa sesuai, ecobrick kemudian digabungkan menjadi satu dibentuk berbagai macam hal, seperti kursi taman, meja taman, maupun pot bunga. Kegiatan pembuatan ecobrick ini dilakukan untuk menyediakan tong sampah dari limbah plastik. Sehingga diharapkan output dari kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Candirejo terutama warga RW 03 dapat mengelola sampah plastik, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Penulis
Amelia Yasmine (Fakultas Sains dan Matematika)
Azka Putri Ramadani (Fakultas Sains dan Matematika)
Bima Hadi Kusuma (Sekolah Vokasi)
Eka Fauziyyah Mufida Rahma (Fakultas Sains dan Matematika)
Muhammad Rizki (Sekolah Vokasi)
Sari Retnowati (Fakultas Peternakan dan Pertanian)
Siti Ratna Hardiyanti (Fakultas Peternakan dan Pertanian)
Wahab Solahudin (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

DPL: Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T.
Lokasi: RT 03 RW 03 Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
KKN TIM II UNDIP 2022 Kelurahan Candirejo, Kabupaten Semarang.