Tingkatan Cuan dengan Digital! Mahasiswa KKN Undip Terlibat Secara Aktif dalam Pengembangan UMKM Secara Digital di Kelurahan Bandarjo
Kab.Semarang (12/07/22). Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat membuat pelaku UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia harus dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran agar dapat terus berkembang. Dengan adanya perkembangan teknologi yangsemakin pesat maka membuat pelaku UMKM harus adaptasi dengan lingkungan. Maka dari itu, Febrita membantu pelaku UMKM rumahan yang berada di RW 01 Kelurahan Bandarjo dalam memasarkan produknya melalui dunia digital terutama pada platform instagram.
Mahasiswa Undip melakukan pengembangan UMKM berbasis digital pada UMKM Frozen Food Pawonmbahtiku. Mba Atik selaku pemilik Pawonmbahtiku telah menjalankan usaha ini sejak 2020 awal. Namun, dalam memasarkan produknya masih secara tradisional, yaitu dengan cara dari mulut ke mulut saja hingga sampai pada akhirnya mendapatkan resseler. Produk yang di tawarkan berupa snack frozen food seperti chicken katsu, lunpia, risoles, dimsum, dan sebagainya.
Pelaksanaan program kerja ini dari minggu ke-2 hingga minggu ke-5 sepanjang masa KKN. Dengan Melakukan survei terlebih dahulu hingga pelaksanaakn program kerja. Mba Atik selau pemilik UMKM Pawonmbahtiku mengatakan bahwa memang selama ini instagram hanya digunakan untuk memposting testimoni saja, belum sampai ke penjualan secara online karena dalam hal mendesain masih kurangnya tenaga dan waktu serta kurangnya keahlian dalam mengedit konten. Maka dari pelaksanaan program KKN ini, Febrita membantu dalam membuatkan desain menu, feed dan story instagram, logo, cara penyajian, serta link daftar menu dan whatsapp agar instagram UMKM (pawonmbahtiku) dapat estetik dan menarik sehingga dapat menjangkau khalayak masyarakat. Dengan itu harapannya dapat meningkatkan penjualan dari media sosial terutama pada platform instagram.
Setelah semua desain jadi, kemudian memberikan tata cara dalam menggunakan software dalam mendesain feed dan story instagram serta memberitahu tips-tips yang jitu dalam memasarkan di media online terutama pada platform instagram. Seperti paling tidak seminggu 3x memberikan konten baik dari story maupun feed serta waktu yang tepat dalam menguploadnya, dan sebagainya.
Febrita Dyaning Ratri – FEB UNDIP 2019
Dosen Pembimbing : Dr. Naniek Utami H S.Si., M.T.
RW 1, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat
KKN UNDIP Tim II Kabupaten Semarang 2021/2022