Kenali Narkoba Sejak Dini! Sosialisasi Statistik Penyalahgunaan Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba bagi Remaja Kelurahan Babakan

397755

Babakan (15/7/2022) – Tak kenal maka tak hindar. Tahapan pertama dari penghindaran adalah pengenalan terhadap apa tepatnya yang harus dihindari. Sayangnya, tidak semua remaja di Indonesia cukup beruntung untuk memiliki akses informasi yang memadai mengenai jenis-jenis narkoba yang harus kita waspadai karena sering disalahgunakan di Indonesia sehingga menganggap bahwa bahaya narkoba bukanlah suatu hal yang harus mereka wanti-wanti dan secara tidak sadar terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Badan Narkotika Nasional, kita dapat mengamati bahwa terdapat jenis-jenis narkoba tertentu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, serta mayoritas narkoba yang pertama kali dikonsumsi di Indonesia. Kedua informasi ini adalah informasi yang krusial untuk diketahui remaja di Indonesia agar para remaja dapat menjadi ekstra berhati-hati terhadap kedua jenis narkoba tersebut.

Oleh karena itu, Ryan Kam Vikri selaku Mahasiswa KKN Tim II Undip yang berlatarbelakang pendidikan jurusan Teknik Industri, memutuskan untuk mengambil bagian dalam program multidisipliner Program Penyuluhan Pencegahan Anti Narkoba kepada Remaja dengan cara melakukan “Tak Kenal Maka Tak Hindar”: Sosialisasi Statistik Penyalahgunaan Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba untuk meningkatkan kesadaran para remaja akan jenis-jenis narkoba yang mereka harus hindari karena banyak digunakan serta menjadi mayoritas narkoba yang pertama kali digunakan di Indonesia.

397756

Persiapan program “Tak Kenal Maka Tak Hindar”: Sosialisasi Statistik Penyalahgunaan Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba dilakukan dengan melakukan studi pustaka mengenai mayoritas narkoba yang pertama kali dikonsumsi di Indonesia, jenis-jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia serta gambar visual dan deskripsi efek terhadap tubuh yang ditimbulkan oleh narkoba tersebut. Selanjutnya, mahasiswa melakukan penyusunan booklet yang berisi materi sosialisasi berdasarkan hasil studi pustaka, dan melakukan penggandaan booklet yang selanjutnya akan dibagikan kepada para para remaja yang menghadiri acara sosialisasi.

Pelaksanaan program “Tak Kenal Maka Tak Hindar”: Sosialisasi Statistik Penyalahgunaan Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Sukasari. Program ini dihadiri oleh sekitar 15 orang remaja yang terdiri dari remaja berusia Sekolah Dasar dan remaja berusia Sekolah Menengah Pertama. Pelaksanaan program dimulai dari membagikan booklet berisi materi sosialisasi yang telah disusun oleh mahasiswa kepada para remaja dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai mengenai mayoritas narkoba yang pertama kali dikonsumsi di Indonesia, jenis-jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia serta gambar visual dan deskripsi efek terhadap tubuh yang ditimbulkan oleh narkoba tersebut.

397764

Dengan kegiatan ini, diharapkan para ibu remaja di Kelurahan Babakan dapat mulai menyadari jenis-jenis narkoba apa yang harus mereka ekstra hindari sehingga mereka dapat mempertahankan cerahnya masa depan mereka dan Kelurahan Babakan.

Penulis : Ryan Kam Vikri (Fakultas Teknik, Teknik Industri)
DPL : Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten
#KKNTimIIPeriode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip