Ibu, Jaga Kesehatan Mentalmu untuk Mencegah Stunting! Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Maternal Depression di Kelurahan Babakan

Whats-App-Image-2022-08-08-at-15-03-01-1

Babakan (18/7/2022) – Stunting adalah masalah gizi kronis yang terjadi pada anak dan disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang yang mengganggu pertumbuhan sang anak seperti pertumbuhan tinggi badan dan kemampuan kognitif sang anak. Prevalensi stunting di Indonesia tergolong sangat tinggi, karena masih berada pada angka 24.4% pada tahun 2022. Oleh karena angka yang mengkhawatirkan tersebut, pencegahan stunting saat ini masih merupakan salah satu tujuan yang difokuskan oleh Pemerintah Indonesia.

Kesehatan mental sang ibu adalah salah satu faktor penyebab stunting yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat. Maternal Depression atau depresi pasca persalinan, terutama Postpartum Depression, dapat berkontribusi kepada kekurangan gizi anak dan stunting karena beresiko mengganggu pengasuhan anak sang ibu (Anato, et. al., 2019). Kemampuan pengasuhan sang ibu yang paling terdampak oleh Maternal Depression adalah kemampuan sang ibu untuk memberikan makanan pendamping ASI, hal yang krusial untuk dilakukan untuk memastikan sang anak mendapatkan gizi yang cukup dan mencegah stunting (Anato, et. al., 2019).

Pada Kelurahan Babakan, meskipun stunting bukan merupakan isu yang prevalen terjadi, masih terdapat kasus stunting yang terjadi pada seorang anak di RW 05, sehingga sosialisasi pencegahan stunting juga merupakan hal yang krusial untuk memastikan bahwa kasus ini tidak terulang kembali. Oleh karena itu, Ryan Kam Vikri selaku Mahasiswa KKN Tim II Undip yang berlatarbelakang pendidikan jurusan Teknik Industri, memutuskan untuk mengambil bagian dalam program multidisipliner Penyuluhan Pencegahan Stunting kepada Ibu Hamil dan Balita dengan cara melakukan Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Maternal Depression untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keadaan mental yang sehat pada saat hamil serta mengasuh anak untuk mencegah terjadinya stunting.

Whats-App-Image-2022-08-08-at-13-59-10-1

Persiapan program Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Maternal Depression dilakukan dengan melakukan studi pustaka mengenai definisi Maternal Depression, jenis-jenis Maternal Depression, dampaknya terhadap kemampuan pengasuhan anak sang ibu, faktor penyebab Maternal Depression, serta cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani Maternal Depression. Selanjutnya, mahasiswa melakukan penyusunan booklet yang berisi materi sosialisasi berdasarkan hasil studi pustaka, dan melakukan penggandaan booklet yang selanjutnya akan dibagikan kepada para para ibu yang menghadiri acara sosialisasi.

Pelaksanaan program Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Maternal Depression dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Sukasari. Program ini dihadiri oleh sekitar 15 orang ibu yang terdiri dari ibu hamil, serta ibu yang memiliki balita. Pelaksanaan program dimulai dari membagikan booklet berisi materi sosialisasi yang telah disusun oleh mahasiswa kepada para ibu dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai definisi Maternal Depression, jenis-jenis Maternal Depression, dampaknya terhadap kemampuan pengasuhan anak sang ibu, faktor penyebab Maternal Depression, serta cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani Maternal Depression.

397766

Dengan kegiatan ini, diharapkan para ibu hamil dan ibu yang memiliki balita di Kelurahan Babakan dapat mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental sang ibu di masa kehamilan serta mengasuh balita dan menerapkan cara-cara sederhana untuk mencegah dan menangani Maternal Depression.

Penulis : Ryan Kam Vikri (Fakultas Teknik, Teknik Industri)
DPL : Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten
#KKNTimIIPeriode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip