Upaya Optimalisasi UMKM: KKN UNDIP Beri Edukasi Pembuatan Konten Kreatif di Media Sosial

Program Edukasi Pembuatan Konten Kreatif di Media Sosial Sebagai Media Promosi Bisnis UMKMKegiatan edukasi pembuatan konten kreatif sebagai media promosi

Semarang (26/7) – Perkembangan media sosial yang semakin masif membuat penyebaran informasi pun semakin cepat dan juga masif. Oleh karena itu penggunaan media sosial juga dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan baik kecil maupun besar. Selain untuk mempromosikan produk dan juga membangun personal branding perusahaannya. Tidak hanya perusahaan besar, pelaku UMKM juga perlu membangun personal branding produknya.

Branding produk dan juga promosi produk dapat dilakukan dengan membuat konten kreatif yang dapat menarik audience, oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP memberikan edukasi pembuatan konten kreatif untuk pelaku UMKM yang ada di RW 07, Kelurahan Srondol Wetan, Kecaamatan Banyumanik,
Semarang. Program edukasi ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pelaku UMKM di RW 07 untuk semakin gencar membangun personal branding dan mempromosikan produknya.

Edukasi pembuatan konten kreatif yang diberikan berisi cara bagaimana menyesuaikan konten dengan branding produk UMKM tersebut, lalu cara membuat konten yang kreatif untuk dapat menarik audience, dan yang terkahir cara membuat caption yang memiliki kesan memberikan sugesti dan manfaat kepada audiencenya. Selain itu, Mahasiswa KKN UNDIP memasang poster terkait pembuatan konten kreatif di balai RW 07 untuk dapat dibaca dan dipraktikkan oleh para pelaku UMKM yang melihatnya.

photo-2022-08-03-13-13-57Pemasangan poster pembuatan konten sebagai media promosi

“Adanya edukasi mengenai pembuatan konten kreatif untuk pelaku UMKM terutama pelaku UMKM yang ada di RW 07, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Semarang diharapkan dapat mengembangkan skill terutama dibidang pemasaran secara digital melalui sosial media, selain itu diharapkan agar pelaku UMKM dapat mengetahui aplikasi-aplikasi baru yang belum pernah diketahui sebelumnya untuk dapat membantu memudahkan dalam membuat konten, seperti Canva, CapCut, VN dan lain-lain” ujar Nurmaylia Ardinda Putri mahasiswa KKN TIM II UNDIP tahun 2022.

Selain itu Nurmaylia mengatakan, bahwa edukasi ini juga diharapkan dapat membawa manfaat para pelaku UMKM untuk dapat giat mempromosikan produk dan personal branding UMKM mereka.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para pelaku UMKM di RW 07, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Semarang. “Kegiatan ini sangat positif dan juga sangat bermanfaat untuk kami-kami yang mungkin belum begitu mengerti cara menggunakan media sosial dan fitur-fiturnya dan juga aplikasi edit video yang sejatinya kita perlu” ujar salah satu pelaku UMKM di RW 07.

Penulis : Nurmaylia Ardinda Putri
NIM : 14050119130068
Dosen Pembimbing Lapangan : Imam Setyawan, S.Psi., M.A.
Lokasi KKN : Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik
Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
#kkntimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip