MARI PAHAMI ATURAN MINUMAN BERALKOHOL DI INDONESIA! MAHASISWA HUKUM KKN TIM II UNDIP LAKUKAN PENYULUHAN HUKUM DI DESA NGEMBAK KABUPATEN GROBOGAN

Kabupaten Grobogan (23/7/2022) – Desa Ngembak merupakan salah satu desa yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dan merupakan desa yang akhirnya menjadi pilihan mahasiswa untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Maraknya peredaran minuman beralkohol (miras) di Indonesia yang tidak sesuai aturan yang berlaku dan masih banyak orang yang masih belum mengerti terkait hal tersebut menjadi alasan mahasiswa untuk melakukan penyuluhan hukum terkait aturan minuman beralkohol di Indonesia kepada warga yang terdiri dari anak muda dan bapak-bapak tepatnya di RT 4/RW 3 Dusun Plosoguwi, Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Resty Ayu Natasya, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 dari program studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum menjalankan dan melaksanakan program monodisipliner (individu) yaitu terkait penyuluhan hukum aturan minuman beralkohol di Indonesia yang dilaksanakan di salah satu dusun di Desa Ngembak yaitu tepatnya di RT 4/RW 3 Dusun Plosoguwi pada tanggal 23 Juli 2022.

Pada pelaksanaan program ini mahasiswa menyampaikan pembahasan mengenai pengertian minuman beralkohol, umur legal dalam mengonsumsi minuman beralkohol, tempat-tempat yang diperbolehkan untuk menjual minuman beralkohol, serta sanksi yang diberikan apabila mengedarkan minuman beralkohil tidak sesuai aturan yang berlaku. Dalam kegiatan ini media untuk menyampaikan materi ialah dengan menggunakan poster yang telah dibuat dan dipersiapkan sebelumnya.

Respon dari sasaran program ini yaitu anak muda dan bapak-bapak RT 4/RW 3 Dusun Plosoguwi, Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, terlihat sangat antusias dalam menyimak dan mendengarkan. Selain itu mereka juga aktif untuk bertanya terkait materi pembahasan yang disampaikan sehingga selanjutnya dapat pula memantik diskusi diantara mahasiswa dan sasaran program. Harapan dari terlaksananya program ini masyarakat dapat lebih memahami aturan minuman beralkohol yang berlaku di Indonesia.

Penulis : Resty Ayu Natasya-11000119140488-S1 Ilmu Hukum
Dosen Pembimbing : Dra. Dewi Rostyaningsih, M.Si
Lokasi : RT 4/RW 3 Dusun Plosoguwi, Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan