GALAKKAN KEBIASAAN MENABUNG SEJAK USIA DINI, MAHASISWA UNDIP LAKUKAN PENCERDASAN PENTINGNYA MENABUNG KEPADA SISWA SDN TAMBAKREJO 02

edited-foto-menabung
Foto : Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang pada Jum’at (22/07)

Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang (22/07/2022) – Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang untuk selanjutnya disimpan dan dikelola dikemudian hari. Menabung memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, seperti : melatih belajar disiplin, melatih hidup sederhana, belajar hidup hemat, serta mencegah untuk mempunyai hutang.

Menabung memang sering sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Banyak orang yang memiliki penghasilan namun masih sering mengalami masalah finansial. Ini dikarenakan cara mengatur keuangan yang tidak tepat dan ditambah tidak memiliki kebiasaan menabung. Untuk itu penting menanamkan kebiasaan menabung oleh orangtua kepada anak sejak dini.

Menabung sebaiknya dilatih sejak anak usia dini untuk dapat menumbuhkan kebiasaan agar dapat mengelola keuangan dan menghindari masalah finansial ketika dewasa nantinya. Untuk itu mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan pencerdasan mengenai pentingnya menabung kepada siswa SDN Tambakrejo 02. Diharapkan dengan dilakukannya pencerdasan pentingnya menabung dapat menambah pengetahuan dan menumbuhkan kebiasaan menabung kepada siswa SDN Tambakrejo 02.

Penulis : Dika Setia Nugraha (Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2019)
DPL : Asep Septiaji, S.Pt., M.Si., Ph.D