Optimalisasi Branding Berpengaruh Besar bagi Pelaku Usaha di Era Digital

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-49-45

Gedawang, Banyumanik, Semarang, Selasa (09/08/2022) Perkembangan teknologi di era digital yang semakin cepat memudahkan semua pihak untuk menjangkau banyak hal melalui penggunaan internet. Masyarakat kini semakin mahir dalam menggunakan internet khususnya sosial media. Tersedianya berbagai fitur menarik menjadikan internet memiliki daya minat yang semakin tinggi dikalangan masyarakat yang ingin mencari atau membutuhkan sesuatu.

Singkatnya digital marketing merupakan suatu bentuk strategi pemasaran dengan bermodalkan media digital dan internet. Digital marketing memiliki peluang yang lebih besar & memungkinkan para calon konsumen untuk mendapatkan beragam informasi mengenai produk kemudian melakukan transaksi melalui internet. Sehingga perusahaan atau pelaku mampu melakukan banyak hal yang dapat menjangkau konsumen.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-42-20

Begitu juga dengan UMKM Rumahan “Bakpia Crispy Marsha” primadona kelurahan Gedawang, memiliki komitmen untuk mengoptimalkan digital marketing dengan harapan dapat memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Sebab hal itu didasari bahwa digital branding memudahkan setiap pelaku usaha untuk memperkenalkan produk kepada market potensial. Apalagi dengan digital marketing, pengukuran aktivasi akan menjadi lebih mudah dan lebih akurat.

Berdasarkan fakta dilapangan tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Undip berupaya untuk membantu mengembangkan potensi salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di RW 01 Kelurahan Gedawang yakni UMKM Rumahan “Bakpia Cripsy Marsha” dengan melakukan optimalisasi strategi branding melalui digital marketing dan pembuatan buku katalog menu pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Pada program yang dilaksanakan, optimalisasi strategi branding melalui digital marketing dan pembuatan buku katalog menu dilakukan secara bertahap, dimulai dengan menganalisis branding dan promosi bakpia crispy marsha sebelumnya dan menyimpulkan kekurangan yang dapat diperbaiki kedepannya.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-49-46

Selanjutnya, pengoptimalisasian dilakukan dengan memberikan fasilitas berupa photoshoot produk “Bakpia Crispy Marsha” sebagai bahan branding kedepannya dengan tampilan yang lebih profesional. Selain itu, setelah melalui proses editing, optimalisasi branding dilakukan dengan launching buku katalog menu dimana diharapkan dapat menjadi media promosi dan branding yang lebih baik. Pembuatan media sosial instagram juga dilakukan untuk menjangkau pasar lebih luas lagi (ig : @bakpiacrispymarsha).

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-52-21

Dengan adanya program Optimalisasi strategi branding melalui digital marketing dan pembuatan buku katalog menu bagi UMKM Rumahan “Bakpia Crispy Marsha” diharapkan dapat terus bermanfaat untuk UMKM Bakpia Crispy Marsha agar terus maju dan berkembang.

Penulis : Aulia Handayani (Mahasiswa Program Studi Informasi dan Hubungan Masyarakat)
Periode : KKN TIM II UNDIP 2021/2022
DPL : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi
Lokasi : SDN Gedawang 01 (Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik Semarang)