UMKM Wonotingal Ingin Produknya Lebih Dikenal, Mahasiswa Undip Beri Edukasi Tentang Video Branding

Wonotingal, Semarang (30/07) Rafii Reyhan Alifandian, mahasiswa jurusan D4 Informasi dan Humas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro telah menyelenggarakan program monodisipliner berjudul “Edukasi Video Branding Bagi UMKM” di balai kelurahan Wonotingal, kecamatan Candisari, kota Semarang.

https://ibb.co/CbdkTRC

Perlu diketahui bahwa video branding merupakan salah satu metode marketing yang memanfaatkan sebuah video yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang keunggulan produk, informasi produk, dan menampilkan visualisasi produk secara menarik. Video branding akan mudah dijangkau oleh masyarakat luas jika diunggah pada platform media online. Video branding memiliki pengaruh yang besar bagi pemasaran suatu produk terutama produk UMKM, karena masyarakat akan lebih mudah mengetahui produk melalui video branding tersebut.

Di kelurahan Wonotingal, terdapat beberapa pelaku UMKM yang belum begitu memahami tentang pentingnya video branding bagi produk mereka. Hal tersebut dikarenakan, kurangnya pengetahuan tentang cara pembuatan video branding secara mandiri.

Pembuatan video branding secara mandiri terbilang cukup mudah, pelaku UMKM cukup memanfaatkan smartphone mereka untuk melakukan perekaman, pengeditan, dan pengunggahan di platform media sosial.

https://ibb.co/jW62sfL

“Materi yang disampaikan cukup membantu saya selaku pemilik UMKM untuk lebih memahami bagaimana cara yang lebih professional untuk membuat video produk. Selama ini saya cuma foto atau videokan biasa saja, untuk dibikin story WhatsApp” ujar salah satu pemilik UMKM di RT 05 RW 06 Kelurahan Wonotingal.

https://ibb.co/dJ2yDD7

Materi tentang “Edukasi Video Branding Bagi UMKM” terangkum pada booklet yang dibagikan saat sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih bagi para pelaku UMKM di kelurahan Wonotingal.

Penulis: Rafii Reyhan Alifandian
Editor: Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D
Jurusan/Fakultas: Informasi dan Hubungan Masyarakat/Sekolah Vokasi
Lokasi KKN: Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang