JAGA KESEHATAN DOMPET KELUARGA! MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO BERIKAN SOSIALISASI PERENCANAAN KEUANGAN MASYARAKAT KELURAHAN TEGALSARI

Pemaparan Sosialisasi “Pengenalan dan Pendampingan Perencanaan Keuangan Masyarakat Kelurahan Tegalsari RW 08” oleh Fauziyya Agustina Hakiki (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Tegalsari, Semarang (29/07/2022) – Fauziyya Agustina Hakiki, Mahasiswa S1-Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro menyelenggarakan program “Pengenalan dan Pendampingan Perencanaan Keuangan Masyarakat”, kepada ibu-ibu PKK RW 08 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Dalam mencapai suatu tujuan, kita perlu melakukan perencanaan. Tanpa disadari, sebenarnya dalam kehidupan ini, tentu pernah berencana untuk mencapai suatu tujuan setiap individu maupun keluarga sesuai yang diinginkan. Perencanaan keuangan merupakan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efsien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera. Secara umum, aktivitas yang dilakukan adalah proses pengelolaan penghasilan untuk mencapai tujuan fnansial seperti keinginan memiliki dana pernikahan, dana kelahiran anak dan lain- lain.

Penyerahan Buku Perencanaan Keuangan Kepada Ibu-Ibu PKK RW 08 (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Melihat pentingnya perencanaan keuangan bagi keluarga, Fauziyya Agustina Hakiki melaksanakan program kerja “Pengenalan dan Pendampingan Perencanaan Keuangan Masyarakat”. Sosialisasi tersebut diberikan secara langsung kepada ibu-ibu PKK RW 08 pada hari Jum’at, 29 Juli 2022 di rumah Ibu Kartiman salah satu warga RW 08. Materi yang disampaikan pada sosialisasi tersebut mencakup pengenalan perencanaan keuangan, manfaat perencanaan keuangan, bagaimana cara merencanakan keuangan yang baik, contoh anggaran yang ideal, dan simulasi periksa dompet. Pada simulasi periksa dompet, dibagikan buku perencanaan keuangan kepada ibu-ibu PKK. Selanjutnya, dijelaskan lebih detail terkait pengisian tabel-tabel yang ada pada buku tersebut agar ibu-ibu PKK bisa mengisi secara mandiri dirumah tanpa merasa kesulitan. Manfaat buku perencanaan keuangan ini adalah membantu menetapkan tujuan finansial, membantu mengalokasikan keuangan dan mengelola arus kas, mengevaluasi Kesehatan keuangan, serta menahan sikap konsumtif.

“Selama ini saya tidak pernah menghitung pengeluaran saya apa saja dan berapa. Terkadang kok merasa bulan ini cepat habis saja uangnya padahal tidak beli apa-apa. Ternyata memang penting untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Dengan buku ini nantinya saya akan rajin mencatat belanja-belanja”, ujar Ibu Rumah Tangga RW 08, Bu Solikhati.

Penulis : Fauziyya Agustina Hakiki, S1 – Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DPL : Heri Sugito, S.Si., M.Sc
Lokasi KKN : RW 08, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang