KAGET TAGIHAN LISTRIK NAIK!! MAHASISWA TIM II KKN UNDIP 2021/2022 BERIKAN EDUKASI HEMAT ENERGI LISTRIK KEPADA MASYARAKAT RW X KELURAHAN NGALIYAN SEMARANG

Screenshot-306

RW X, Kelurahan Ngaliyan, Kota Semarang (05/08/2022)

Konsumsi listrik Indonesia pada kuartal III 2021 mencapai 1.109 kilowatt jam (kWh) per kapita, angka itu setara dengan 92,2% dari target yang ditetapkan pada 2021 sebesar 1.203 kWh per kapita. Berdasarkan data dari Kementerian ESDM 2021, dari tahun 2015 konsumsi listrik per kapita Indonesia terus meningkat. Peningkatan tertinggi terjadi pada tahun 2017 sebesar 6,8%, sedangkan peningkatan terendah terjadi pada 2020 sebesar 0,4%.

Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa energi listrik sudah menjadi kebutuhan manusia yang sangat penting yang mana hampir semua kegiatan dan pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Peningkatan penggunaan energi listrik merupakan parameter meningkatnya kemakmuran masyarakat. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat seperti melonjaknya biaya listrik bulanan. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi ke masyarakat mengenai penghematan energi listrik.

HEALTH

Melihat kondisi tersebut, Azis Rahman Siregar, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 melakukan program kerja yaitu sosialisasi Gerakan hemat energi listrik Rumah Tangga. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 5 Agustus pada acara ibu PKK RW X Kelurahan Ngaliyan. Fokus utama penghematan listrik ini adalah untuk menjaga lingkungan dan juga mengatasi keluhan dari warga setempat atas tagihan listrik yang meningkat 3 bulan belakangan. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan bantuan media presentasi powerpoint dan pembagian leaflet untuk memberikan penjelasan mengenai permasalahan yang terjadi jika tidak menghemat energi, keuntungan hemat energi listrik, serta tips mudah hemat energi listrik yang dapat dilakukan di rumah, diantaranya atur penggunaan lampu, cabut colokan jika tidak terpakai, atur penggunaan alat elektronik berdaya besar, dan beralih ke lampu LED. Salah satu peserta kegiatan, Ibu Arti, berkata “Saya baru tahu mas tentang lampu LED itu lampu hemat energi dibandingkan lampu – lampu lain , karena di rumah saya masih ada menggunakan lampu pijar”.

Tidak berhenti disitu, untuk mempertegas pentingnya Gerakan Hemat Energi Listrik ini, Mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 Azis Rahman Siregar juga memasang stand banner Gerakan Hemat Energi Listrik rumah tangga yang ditempatkan di kantor Kelurahan Ngaliyan, Kota Semarang. Dengan adanya stand banner tersebut, diharapkan sebagai langkah meningkatkan keaktifan masyarakat kelurahan Ngaliyan dalam melakukan hemat energi listrik rumah tangga guna menekan biaya listrik bulanan masyarakat.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-41-38

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022
Penulis : Azis Rahman Siregar (21060119120027)
DPL : Ir.Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc.,Ph.D.,I.P.U.
Lokasi KKN : Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang