Mahasiswa KKN Undip Ajak Kader Posyandu Untuk Tingkatkan Layanan dan Terapkan Sistem 5 Meja

20220810-174726
Simbolis Penyerahan Poster Tata Letak & Antrean di Posyandu Kepada Kader Posyandu dan Puskesmas

Semarang (10/9) – Kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di tingkat RT atau RW yang merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama adanya posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Kegiatan posyandu terdiri dari layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Posyandu seringkali mengalami penumpukan antrean akibat ketidakteraturan alur, prosedur, dan tata letaknya. Hal ini membuat pelayanan Posyandu menjadi kurang maksimal. Terlebih ketika jumlah kader posyandu yang berada di tempat tidak sebanding dengan jumlah ibu dan balita yang datang sehingga membuat pelayanan pun semakin terhambat.

Tata letak yang efektif dan prosedur yang tepat dapat menentukan seberapa cepat respon pelayanan posyandu. Oleh karena itu, dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan menyambut Bulan Imunisasi Anak Nasional, mahasiswa Teknik Industri, Nadiyani Zahra, mengusulkan program perbaikan tata letak yang diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan efektivitas pelayanan posyandu di Kelurahan Padangsari. Selain itu, perbaikan ini didukung pula dengan Standard Operating Procedure (SOP) alur antrean dengan memperhatikan sistem 5 meja.

Program ini dilaksanakan pada Rabu (10/8/2022) sore di Posyandu Kuncup Mekar RW 14, Kelurahan Padangsari, Kota Semarang. Mahasiswa mengajak sejumlah orang tua balita dan kader posyandu untuk ikut berpartisipasi dalam program. Selain mengatur kembali tata letak Posyandu, mahasiswa juga menjelaskan mengenai alur antrean dan sistem 5 meja yang perlu diterapkan untuk mengoptimalkan pelayanan dan mempercepat antrean di Posyandu.

sebelum
Situasi Antrean dan Tata Letak Sebelum Perbaikan

sesudah
Situasi Antrean dan Tata Letak Setelah Perbaikan

Harapannya, dengan adanya program ini dapat memengaruhi kedinamisan pelayanan posyandu yang cepat, nyaman, teratur sekaligus efektif. Hal ini akan membuat masyarakat, khususnya ibu dan balita menjadi lebih nyaman dan hemat waktu, serta dapat mengoptimalkan kinerja posyandu bagi masyarakat.