Cegah Penggunaan Narkoba pada Remaja Mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP 2022 Sosialisasikan Dampak Buruknya

1946445d-afa3-48d1-8045-403783a20d13

Babakan (15/7/2022) – Ketahui dampak buruk dari penggunaan narkotika bagi kesehatan tubuh, remaja Kelurahan Babakan diharapkan untuk menghindari penggunaan narkoba. Narkoba merupakan barang ilegal yang sering kali digunakan oleh banyak kalangan. Penggunaan narkotika tidak memandang umur penggunanya jika tidak disosialisasikan dengan baik dan tepat. Sarana sosialisasi dan pengetahuan formal juga diperlukan sejak dini bagi remaja untuk menjauhi narkoba. Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2022 mendapatkan kesempatan untuk melakukan penyuluhan pencegahan penggunaan narkoba.

1
9

Narkoba memberikan pengaruh buruk bagi gizi yang ada di dalam tubuh manusia. Narkoba merupakan obat-obatan dengan struktur kimia yang bersifat beracun akan merusak kerja syaraf tubuh dan menyebabkan kelainan kerja sistem organ. Narkoba juga menyebabkan penyebaran radikal bebas di dalam tubuh manusia dan kerusakan pada hati. Proses metabolisme yang terganggu akan menyebabkan produksi energi di dalam tubuh menjadi tidak baik. Hal tersebut yang menyebabkan pengguna narkoba akan memiliki tingkah laku terlalu aktif atau bahkan menjadi pemalas. Penggunaan narkoba juga akan menyampingkan kebutuhan lain, sehingga tidak mendapatkan nutrisi penting dari makanan pokok. Pengguna narkoba yang tidak mengkonsumsi makanan pokok akan memiliki tubuh yang kurus dan sering merasakan dehidrasi.

ac0525ff-dfac-4fac-a2d6-b0c680fcca9e

Sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro Program Studi Ilmu Kelautan, saya Philipians Nicoly memberikan sosialisasi mengenai cara pemulihan gizi untuk remaja jika terjerumus menggunakan narkoba. Cara pemulihan gizi yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan makro nutrien dan omega-3. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan memakan ikan laut dan makanan laut tinggi protein lain. Nutrisi yang didapatkan dari ikan laut seperti omega-3 memegang peranan penting untuk menghilangkan pengaruh radikal bebas yang disebabkan oleh sisa penggunaan narkoba karena memiliki fungsi anti-oksidan. Hal tersebut juga akan mengembalikan sistem metabolisme tubuh menjadi stabil.
Sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan pada remaja di Kelurahan Babakan ini juga menjadi sarana edukasi yang diberikan oleh Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2022. Remaja Kelurahan Babakan juga diharapkan dapat menghindari penggunaan narkotika dengan pengaruh buruk yang telah dijelaskan. Penggunaan narkotika berlebih juga akan menyebabkan over dosis dan berujung kematian.

Penulis :
Philipians Nicoly (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prodi Ilmu Kelautan 2019)
DPL:
Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi:
Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kabupaten Tangerang, Banten

#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip