Edukasi Gemar Makan Ikan dengan Membagikan Produk Olahan Ikan

Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-52-56

Gerakan makan ikan merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil perikanan yang diproduksi oleh masyarakat. Seiring dengan peningkatan produksi perikanan, maka konsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah makan yang meyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peran para ahli masak profesional dalam menciptakan menu olahan ikan serta menggugah minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Kegiatan edukasi terkait pembuatan nugget lele dilakukan di RW 06 Kelurahan Sawah Besar, Kegiatan ini diawali dengan meminta izin kepada ketua RW untuk memberikan edukasi secara door to door kepada warga RW 04 Kelurahan Sawah Besar. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian leaflet dan sedikit penjelasan mengenai manfaat mengkonsumsi ikan lele serta bagaimana proses pembuatan nugget berbahan dasar lele. Setelah itu dilakukan pembagian produk olahan nugget lele kepada ibu-ibu. Antusiasme ibu-ibu sangatlah besar terhadap olahan nugget berbahan dasar lele. Mereka aktif bertanya terkait proses pembuatan serta manfaatnya. Edukasi ini dilakukan dengan tujuan agar ibu-ibu mengetahui pentingnya konsumsi ikan bagi tumbuh kembang anak atau cucunya serta mengembangkan kreativitas ibu-ibu dalam membuat makanan olahan sehat yang sesuai dengan selera makan anak.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nugget lele diantaranya yaitu,ikan lele 500 gram, 3 butir telur, tepung terigu 200 gram, tepung tapioka 500 gram, tahu 500 gram, kaldu bubuk, 5 siung bawang putih, daun bawang secukupnya, garam, dan tepung panir 500 gram.
Proses pembuatan nugget lele yang sesuai dengan selera anak cukup mudah diantaranya yaitu:
– Bersihkan lalu blender ikan lele
– Blender daun bawang dan bawang putih lalu, haluskan tahu
– Campurkan bumbu, tahu, ikan lele, tepung tapioka, dan 2 butir telur
– Kukus adonan kurang lebih 30 menit
– Diamkan di kulkas
– Bentuk nugget sesuai keinginan
– Balur nugget pada tepung terigu, telur, dan tepung panir
– Nugget lele siap digoreng atau disimpan

Alasan mengapa produk olahan ikan ini dibuat menggunakan ikan lele karena harga ikan lele yang ekonomis dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun harga ikan lele murah namun, nutrisi dalam ikan lele sangatlah besar manfaatnya bagi tubuh. Terdapat beberapa manfaat yang didapatan apabila mengonsumsi ikan lele diantaranya yaitu, mencerdaskan otak, meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, mencegah anemia, menyehatkan tulang dan gigi, menyehatkan jantung, serta melindungi sistem saraf.
Diakhir kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi bersama para ibu ibu yang telah kami edukasi mengenai produk olahan nugget lele. Diharapkan ibu-ibu RW 04 dapat mengingat pentingnya makan ikan bagi tumbuh kembang anak dan mengaplikasikan cara pembuatan nugget lele di rumah.

Penulis: Nuraini Elvi Fajrin/FPIK/Perikanan Tangkap 2019
DPL: Ir. RTD. Wisnu Broto, MT